Apa Itu Customer Journey Map?

Customer journey map ialah peta yang memvisualisasikan perjalanan yang dilalui oleh pelanggan dalam penggunaan produk atau jasa. Tools ini digunakan pada user experience dalam memetakan pengalaman seseorang ketika menggunakan suatu produk atau jasa.

Dalam proses perencanaan customer journey map sangat menguntungkan pada penggunaannya. Dua aspek yang membantu proses perencanaan, story telling untuk menarasikan informasi yang mudah dimengerti singkat jelas padat, visualisasi dalam menyampaikan informasi secara efektif dan efesien.

Pada kedua aspek tersebut dapat membangun beberapa faktor. Seperti, koordinasi yang lebih baik, komitmen yang lebih kuat, kepuasan tim meningkat lebih tinggi, dipendang memiliki kualitas yang baik oleh orang luar, semangar kerja meningkat, memberikan perspektif yang konsisten. Terdapat model umum yang terbagi menjadi tiga zona. Yaitu, The Lens, The Experience, dan Insights.

Untuk membangun pondasi pada pembuatan program kerja untuk suatu kegiatan dengan banyak pertimbangan customer experience, maka customer journey sebagai tools yang ampuh dalam membangun pondasi tersebut. Customer journey map ini juga memiliki keuntungan dalam mengidentifikasi pengalaman pelanggan dengan berbagai macam sifat dengan tujuan yang sama.

Maka begitu pentingnya pula customer journey untuk bahan ajar anda pada tingkat selanjutnya dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan. Dengan begitu Eva.id hadir memberikan fitur pelayanan selanjutnya untuk memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *