Apa Saja Jenis Digital Marketing Pada Bisnis?

Begitu luasnya dunia maya atau digital ini, membuat bisnis harus semakin pintar untuk memilih media pemasaran digital yang tepat. Oleh sebab itu, sebelum anda ingin mulai menyusun strategi digital marketing, ada baiknya anda mengetahui jenis media apa saja yang umum sering digunakan untuk melakukan pemasaran digital.

Berikut adalah jenis-jenis digital marketing yang umum atau banyak digunakan oleh bisnis:

1. Website

Setiap bidang bisnis pasti memiliki situs web tersendiri yang tidak hanya berfungsi sebagai ruang untuk informasi, tetapi juga sebagai toko online atau sarana untuk melakukan transaksi.

Selain itu juga, dengan adanya website yang dilengkapi dengan chat juga menunjukan profesionalisme pada bisnis, membantu prospek mencari tahu informasi terupdate dari bisnis anda. Misalnya seperti promosi, katalog produk, cara menghubungi anda dan lainnya.

2. Search Engine Marketing

Website yang sudah ada, harus dikelola dengan sangat baik sehingga dapat denganmudah ditemukan oleh pelanggan. Anda akan bersaing dengan kompetitor untuk tampil dihalaman pertama dalam sistem mesin pencari.

Oleh karena itu, anda perlu memaksimalkan Search Engine Marketing yang terdiri dari Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Sebagai informasi, SEO membutuhkan waktu yang lebih lama dan murah, sedangkan SEM berbayar tetapi memberikan hasil yang lebih cepat dari SEO.

3. Media Sosial

Promosikan produk anda pada berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

Pemasaran melalui media sosial ada yang berbayar, ada juga gratis. Tergantung keinginan  dari anda. Namun, yang jelas promosi melalui sosial media dapat meningkatkan reputasi yang baik bagi bisnis anda

4. Iklan Online

Apabila hanya dengan media sosial dan website saja tidak cukup untuk meningkatkan peminat pada bisnis anda, Anda dapat memanfaatkan media promosi melalui internet yang berbayar seperti Google Ads. Cara ini tentu akan mendorong anda untuk mendapatkan pelanggan lebih cepat. Namun, untuk itu membutuhkan biaya relatif mahal.

5. Video Marketing

Cara ini sedang populer dengan perkembangan teknologi. Sebab sebagian pelanggan yang menyukai visual akan lebih tertarik dengan tayangan video.

Melalui video marketing, bisnis lebih mudah menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial dari pelanggan. Aplikasi yang sedang sering digunakan dalam video marketing ini biasanya dengan Tiktok atau Reels pada Instagram.

Jadi itu beberapa jenis dari digital marketing pada bisnis. Namun, untuk lebih meningkatkannya digital marketing, diperlukan juga sesuatu pelayanan yang dapat menunjang pelayanan agar lebih maksimal.

Dalam hal ini, anda dapat mempercayakannya kepada Eva.id pada pelayanan digitalnya dengan fitur-fitur yang mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *