Apa Itu Customer Service?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang CS perlu diketahui apa itu customer service, Customer service adalah divisi yang berperan penting dalam proses pertahanan karena berhubungan langsung dengan pelanggan. Meski sering dianggap sepele, sebenarnya customer service (CS) merupakan pekerjaan yang memiliki banyak peran bagi suatu bisnis.

CS memiliki dua fungsi utama. Fungsi pertama adalah menjadi humas terdepan, dan fungsi kedua ialah menciptakan kultur bisnis yang baik dan positif. Umumnya, CS dapat dihubungi melalui layanan telepon dan sosial media pada bisnis tersebut. Karena posisi mereka berada di garis terdepan dalam menghadapi pelanggan, mereka tentunya memiliki peranan yang penting bagi tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa pada bisnis tersebut. Dan beberapa peranan yang dilakukan CS terhadap pelayanan yang diberikan.

  • Memberikan saran dalam pembelian produk atau jasa.
  • Menanggapi keluhan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan mengenai jasa atau produk yang ditawarkan. 
  • Memperoses pemesanan produk atau jasa yang diminta oleh pelanggan.
  • Berkomunikasi dengan pelanggan mengenai pengalaman penggunaan produk atau jasa.
  • Juga menyelesaikan masalah yang dialami pelanggan.

Dan pada saat ini customer service di bantu oleh banyak software yang dapat menunjang kinerja CS menjadi lebih meningkat. Untuk mendapatkan fitur menarik, anda perlu mengunjungi Eva.id dan temukan banyak fitur menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *