Mengenal Apa itu Personal Branding

Personal branding, tidak hanya diperuntukkan untuk kehidupan pribadi. Akan tetapi, pada kenyataannya sebuah bisnis pun harus memiliki personal branding agar dapat menjangkau para pelanggan atau klien.

Personal branding ialah suatu strategi dalam membentuk citra pada bisnis anda, sehingga pelanggan atau klien dapat menilainya dari prestasi dan pencapaian yang dimiliki. Dapat dikatakan ini merupakan kesempatan bagi bisnis anda untuk menampilkan keunikan serta ciri khas dari bisnis anda, agar dapat menarik untuk orang-orang sekitar, otentik atau asli tidak duplikasi orang lain, dan jika dilakukan dengan konsisten maka akan dikenal oleh banyak orang.

Pentingnya personal branding pada Bisnis

Tujuan dari personal branding ialah untuk memikat dan meningkatkan kepercayaan pelanggan atau klien terhadap bisnis. Selain itu, terdapat beberapa alasan yang menjelaskan betapa pentingnya personal branding.

1. Pahami Mengapa Bisnis Anda Perlu Personal Branding

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membangun personal branding ialah dengan strategi dalam membangun bisnis, yang mencakup semua tujuan dan nilai dari bisnis tersebut, manfaat apa yang ingin diperlihatkan dalam bisnis. Bisa terlihat dari logo, elemen, atau tipografi nya. Anda dapat menceritakan bagaimana bisnis anda dapat berjalan.

2. Pengembangan Kepercayaan

Pentingnya personal branding yakni dapat menciptakan kepercayaan terhadap pelanggan atau klien. Orang akan merasa lebih nyaman dan percaya pada bisnis anda walaupun belum pernah membeli atau datang langsung ke toko offline sebelumnya, karena anda sudah banyak dikenal baik oleh orang banyak.

3. Membangun Kredibilitas

Manfaat personal branding adalah membangun kredibilitas. Dengan mempunyai branding yang bagus, maka secara tidak langsung rasa hormat, kekaguman, dan kepercayaan pelanggan atau klien akan muncul dengan sendirinya.

4. Menggunakan Strategi Pemasaran

Melakukan personal branding untuk sebuah bisnis atau usaha bisa dilakukan dengan cara menggunakan strategi branding. Salah satunya menggunakan strategi branding identity yang dapat membantu anda meningkatkan citra dari bisnis tersebut.

5. Memilih Target Pasar

Setiap bisnis pasti memiliki target pasar masing-masing. Maka dari itu, personal branding juga perlu memiliki target pasarnya sendiri, agar manfaat dari personal branding itu bisa sampai kepada yang ditargetkan.

 6. Memilih Media untuk Personal Branding

Dalam membangun personal branding untuk bisnis juga perlu menentukan dahulu media apa yang akan digunakan untuk penyebarannya. Dengan anda sudah mengetahui target pasar, biasanya apa platform yang lebih sering digunakan ialah bentuk dari strategi. Seperti salah satunya media sosial Facebooka ataupun Instagram. Juga dapat menggunakan situs web pada bisnis sebagai personal branding, dengan memiliki situs web pribadi itu juga dapat membuat bisnis anda terlihat lebih profesional dan meyakinkan pelanggan atau klien.

7. Menggunakan media sosial

Pada saat ini sudah banyak sekali bisnis yang menggunakan media sosial, karena pengguna media sosial semakin meningkat. Sehingga, penggunaan media sosial pada bisnis ialah salah satu cara untuk lebih dekat dengan pelanggannya.

Akan lebih mudah membentuk personal branding dan mendistribusikannya ke media sosial, anda juga dapat mengikuti trend yang sedang populer sebagai batu loncatan untuk membuat personal branding sekaligus sebagai bentuk strategi pemasaran.

8. Melakukan Evaluasi Personal Branding

Personal branding ini tidak hanya dilakukan satu kali saja, apalagi untuk sebuah bisnis. Personal branding mengharuskan anda untuk terus melakukannya terus mempertahankan bisnisnya di mata pelanggan.

Oleh karena itu, anda perlu melakukan evaluasi personal branding setiap waktu, karena personal branding yang turun juga membuat engagement bisnis menjadi turun. Konsisten juga menjadi hal yang cukup penting dalam membuat personal branding pada bisnis.

Bagaimana membangun personal branding untuk bisnis juga kembali lagi dengan merek bisnis yang anda kelola, sama seperti personal branding untuk diri pribadi, membuat personal branding untuk bisnis juga harus tetap mencerminkan bisnis atau ciri khas dari bisnis anda, jangan sampai nilai merek bisnis anda menjadi terlihat berbeda di personal branding sebelumnya.

Eva.id memberikan solusi layanan pelanggan untuk anda yang masih di pusingkan oleh personal branding dan ini dapat meringankan sedikit beban anda untuk terus menjalankan bisnis anda agar lebih meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *