Peran Customer Service Bagi Bisnis Anda

Peranan Customer Service (CS) bagi bisnis merupakan hal yang cukup penting dalam menyukseskan sebuah bisnis. Berikut ini beberapa peran mereka:

Public Relation

Divisi customer service sebagian besar berperan sebagai media untuk membangun dan memperkuat hubungan bisnis dengan pihak eksternal, atau secara tidak langsung mereka adalah bagian dari public relation. Mereka mewakili perusahaan sebagai jembatan anda dengan para pelanggan.

Dengan adanya pelayanan CS yang baik, maka akan meningkatkan citra yang baik pula di mata para pelanggan. Bahkan, jika pelayanannya sangat bagus, customer service dapat membantu kontinuitas hubungan bisnis dengan pelanggan agar dapat terus berlanjut.

Media Pemasaran

Bagi beberapa bisnis, CS sering kali ditugaskan untuk melakukan pemasaran kepada pelanggan. Ketika seorang pelanggan menelepon untuk bertanya atau mengeluhkan sesuatu, seorang CS dapat memanfaatkan momen ini untuk menjual jasa atau produk jika masalah dari pelanggan telah diatasi dengan baik.

Seorang CS umumnya harus mampu melakukan layanan tambahan dalam penjualan produk dan jasa setelah membantu pelanggan menyelesaikan masalah mereka. Anda juga dapat menggunakan software untuk mengoptimalkan upaya dalam pemasaran, sekaligus membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Penjaga kepercayaan

Seorang customer service (CS) akan berhubungan langsung dengan pelanggan maka penjaga kepercayaan pelanggan adalah hal yang penting. Melalui interaksi dengan pelanggan yang berkesinambungan, CS mampu meninggalkan kesan mendalam mengenai baik buruknya pelayanannya.

Tidak jarang jika pelayanan untuk pelanggan dan kliennya sangat baik, mereka bersedia membayar lebih dan lebih loyal hanya untuk suatu produk yang bisa didapatkan di tempat lain dengan harga lebih murah.

Sebagai Data Entry

Customer service (CS) pada dasarnya juga memiliki tugas memasukan data ke dalam komputer. Ketika pelanggan membuat pesanan, biasanya akan memasukkan informasi ke dalam sistem komputer lalu mengirimkan email konfirmasi pada pelanggan. Dengan menggunakan software pendukung dapat menjadi pilihan anda untuk memasukkan detail pelanggan yang pernah membutuhkan layanan Helpdesk anda untuk kemudian anda kirimkan promosi produk.

Eva.id memiliki banyak fitur yang dapat meringankan pekerjaan dari customer service (CS) sendiri. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi Eva.id dan temukan banyak kemudahan here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *