Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, anda harus pintar-pintar dalam mengambil kesempatan. Seperti hal nya, bisnis tidak cukup hanya menggunakan satu saluran untuk mengembangkannya perlu menambah banyak saluran (multichannel) untuk dapat mengembangkan bisnis. Solusi supaya tidak ada saluran yang terabaikan dengan cara menggunakan omnichannel, dimana akan memudahkan bisnis anda. Namun, pasti anda bingung apa perbedaan dari omnichannel dan multichannel juga apa keuntungan yang di dapat ketika menggunakan salah satunya.

Omnichannel ialah pendekatan lintas saluran yang di fokuskan kepada pelanggan. bertujuan untuk melakukan pendekatan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih mulus juga bermakna di seluruh saluran penjualan, baik online ataupun offline.

Oleh karena itu, bisnis atau perusahaan bisa menggunakan fitur Omncihannel agar memiliki keselaran layanan dan konsistensi program melalui integrasi lintas saluran yang mudah dan efektif pada satu platform. Secara tidak langsung, fitur Omnichannel dapat memudahkan interaksi antara anda dengan pelanggannya.

Multichannel ialah model bisnis yang menggunakan lebih dari satu saluran penjualan. sistem pemasaran ini bisa dilakukan melalui website, media sosial, email, hingga SMS. Pilihan dari multichannel akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Pada penggunaan multichannel sendiri dapat dilakukan secara terpisah atau masing-masing. Hal ini butuh perhatian khusus dan detail oleh admin supaya tidak ada saluran yang terabaikan.

Selain itu juga, saluran-saluran ini tidak dapat di integrasikan sehingga interaksi antar saluran sangatlah minim. Namun sisi baiknya, pemasaran ini bisa memudahkan pelanggan untuk menghubungi anda dengan banyaknya saluran yang dimiliki.

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Keduanya memang sedikit memiliki kemiripan. Karena mengingat omnichannel merupakan revolusi dari multichannel.

Akan tetapi keduanya tentu memiliki perbedaan, berikut beberapa perbedaan yang ada :

1. Saluran Penjualan

Perbedaan dari Omnichannel dan Multichannel memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu ada dan tidak adanya integrasi.

Pada Omnichannel, setiap saluran penjualan yang ada dapat di hubungkan satu sama lain melalui kemampuan integrasi, sehingga tidak akan ada lagi saluran yang akan terabaikan. Sementara pada Multichannel, setiap dari saluran penjualan umumnya tidak saling terkait satu sama lain atau tidak terintegrasi.

2. Fokus Utama

Omnichannel, berfokus pada pengalaman berbelanja pelanggan atau yang sering dikenal dengan customer journey, juga terdapat kualitas pesan dan masing-masing saluran. Sedangkan, Multichannel berfokus pada kinerja dan kuantitas dari channel yang digunakan.

3. Informasi yang Diberikan

Pendekatan melalui Omnichannel, anda bisa memberikan informasi yang utuh atau komplit kepada prospek dan pelanggan Anda. Namun ini tidak dengan Multichannel.

Pendekatan yang dilakukan multichannel hanya memberikan informasi yang kurang komplit atau setengah-setengah seperti katalog dan brosur.

4. Tugas

Omnichannel bertugas untuk membantu anda dalam menyampaikan pesan dan brand image yang konsisten pada masing-masing saluran. Sedangkan, tugas model dari Multichannel ialah memastikan bisnis anda telah atau sudah memanfaatkan banyak saluran.

5. Cara Kerja

Omnichannel bekerja dengan melibatkan data dalam membangun perjalanan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik, namun tidak demikian dengan Multichannel. Pada hal ini, Multichannel bekerja dengan mempertimbangkan banyak saluran di mana terdapat kemungkinan pelanggan yang besar.

6. Channel yang Digunakan

Omnichannel akan menggunakan beberapa saluran seperti pesan instan, email, media sosial, live chat, dan aplikasi lainnya yang berbasiskan internet. Sedangkan Multichannel akan menggunakan saluran-saluran konvesional seperti iklan cetak di surat kabar dan majalah, iklan televisi, iklan radio, panggilan telepon, dan media digital.

Setelah mengetahui perbedaan pada Omnichannel merupakan revolusi dari Multichannel.

Konsep yang digunakan sebenarnya tidak beda jauh dengan menggunakan berbagai saluran untuk aktivitas bisnis. Namun, perbedaan jelasnya tentang integrasi, Omnichannel ialah fitur yang lebih modern dalam hal kinerjanya.

Multichannel memang memungkinkan anda untuk menggunakan berbagai saluran, namun operasionalnya dilakukan secara masing-masing karena tidak terintegrasi satu sama lain. Ini menyebabkan interaksi antar saluran sangatlah minim.

Sementara Omnichannel mampu mengintegrasikan berbagai saluran pada satu aplikasi yang terkoordinasi. Selain itu juga, ada fitur yang dapat melakukan automasi analisis dan data yang lebih akurat.

Omnichannel dan Multichannel keduanya tetap membutuhkan strategi. Semua itu akan kembali lagi atas apa yang bisnis anda butuhkan. Juga sudah jelas bahwa omnichannel memiliki fitur yang lebih modern.

Selain membuat perlu strategi bisnis, penggunaan omnichannel juga mampu meningkatkan produktivitas dan penjualan bisnis online anda. Sementara bagi pembeli, hal ini bisa menciptakan pengalaman bertransaksi yang menyenangkan.

Untuk penggunaan omnichannel pada bisnis, anda perlu menggunakan sistem yang menunjang pengelolaan produk dengan berbagai saluran penjualan, untuk itu anda dapat menjadikan Eva.id sebagai partner yang dapat membantu memudahkan dan mempercepat bisnis anda. Sehingga penjualan meningkat dan customer experience tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *