Bisnis Sedang Sepi? Ini Tandannya Anda Membutuhkan Omnichannel!

Apakah akhir-akhir ini bisnis anda menjadi sepi? 

Bisa jadi, kurang menariknya bisnis anda bagi pelanggan. Untuk kesuksesan seperti dulu mengembalikan kembali, seberapa penting bisnis menggunakan omnichannel.

Banyak riset membuktikan dampak positif dari omnichannel ini dan menjadi tren dimana-mana. Sampai saat ini, Omnichannel menjadi salah satu terobosan yang menjadi solusi bisnis.

Strategi omnichannel ialah dapat digunakan bisnis untuk melibatkan pelanggan dan terhubung dengan mereka secara lebih efisien, dengan menggabungkan berbagai saluran. Misalnya, selain dengan toko fisik, bisnis dapat menggunakan media sosial, sistem inventaris online, atau meluncurkan opsi e-commerce di situs web mereka untuk meningkatkan bisnis dalam pengalaman pelanggan.

Bagaimana Omnichannel Dapat Membantu Bisnis Anda

1. Sistem Inventaris Duplikat atau Terpisah

Sistem inventaris menandakan anda membutuhkan omnichannel. Jika anda memiliki dua inventaris produk yang terpisah dan terkadang duplikat, untuk menambah pengalaman yang berbeda-beda atau karena setiap orang memiliki selera masing-masing pada saat ingin berbelanja, di medsos atau di website.

Dapat mengakibatkan kehabisan stok jika menyimpan beberapa inventaris, maka terjadi penundaan, dan biaya karena transfer yang diperlukan antara dua inventaris, selain meningkatkan inventaris secara keseluruhan. Bila barang Anda yang tidak terjual menjadi terdampar di satu saluran saat mungkin telah dijual di saluran lain, teknik ini biasanya dapat mengakibatkan peningkatan penurunan harga atau pembebasan harga.

2. Perbedaan Harga antara Toko dan E-Commerce

Karena perbedaan antara pembelian online dan offline menjadi tidak jelas, memiliki harga yang berbeda untuk barang yang sama yang ditawarkan secara online dan di toko hanya akan menambah kebingungan.

Misal jika Anda sedang mengadakan diskon di toko, tapi sementara harga di e-commece tetap normal.

Mendapatkan pengalaman yang buruk dengan toko karena memiliki banyak masalah harga dapat menyebabkan hilangnya pelanggan yang tidak puas dan penjualan.

3. Pilihan Metode Pembayaran yang Tidak Konsisten

Pembayaran yang dapat dilakukan di seluruh saluran sangat penting untuk transparansi dan kesuksesan omnichannel dengan fleksibilitas pembayaran. Maka akan menyajikan pengalaman pelanggan yang lebih baik jika menyediakan berbagai jenis metode pembayaran dan menjaga konsistensi untuk metode pembayaran di online atau payment dan di toko. 

Fleksibelitas dan konsisten pada metode pembayaran tidak dapat di lakukan pelanggan, baik di toko ataupun  e-commerce, maka pelanggan akan merasa kebingungan dan frustasi. Itulah mengapa anda mulai membutuhkan omnichannel sebagai solusi dalam mengatasinya.

4. Banyak Produk Berbeda

Ketika Anda menjual produk yang sama secara online maka omnichannel dibutukan disini dalam memberikan barang yang menarik yang dan pastinya tidak harus selalu ada juga di dalam toko. Akan sangat menjengkelkan, jika pelanggan melihat pakaian pada bisnis online anda dan kemudian pergi ke toko anda secara langsung hanya untuk mengetahui bahwa item tersebut tidak tersedia di toko.

Untuk menghindari customer journey yang sia-sia dan akan sangat merepotkan, sangat penting untuk memastikan bahwa pelanggan tidak perlu lagi salah asumsi bahwa produk yang ia lihat di e-commerce tidak tersedia di toko.

5. Inventaris Toko Yang Buruk

Anda perlu memperhatikan stok yang tersedia di dalam toko fisik Anda, apakah Anda menggunakan sistem penempatan atau semuanya dilakukan secara manual? Berapa banyak kerusakan atau keusangan yang disebabkan oleh taktik penimbunan di toko? Berapa banyak biaya yang harus anda keluarkan di toko Anda dalam hal toko, karyawan, dan biaya oprasional lainnya?

Ruang penyimpanan untuk stok, biaya yang dibutuhkan untuk meletakkan produk di sana, penempatan produk di ruang penyimpanan dan bagaimana mengeluarkannya.

Anda juga perlu memperhatikan pengetahuan yang layak mengenai stok yang Anda miliki dan Semua hal yang bersangkutan mengenai inventaris toko ini berhubungan dengan seberapa Anda butuh omnichannel. Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dan hal yang harus diperhatikan di atas mengkhawatirkan, maka bertambah lagi alasan Anda menggunakan omnichannel.

6. Ukuran Toko yang Terlalu Besar

Strategi omnichannel dapat membuat Anda mengurangi ukuran toko, dan tetap meningkatkan tingkat pengembalian internal atas modal yang diinvestasikan. Jadi, jika ukuran toko Anda tampak berlebihan atau sulit dikelola, jadi saatnya untuk menilai kembali kebutuhan Anda.

Dengan banyaknya saran yang dapat anda ambil, maka ini saatnya untuk anda menggunakan omnichannel.

Semua aspek ada pengecualian dalam setiap kasus. Seperti, lokasi toko, nilai produk dan frekuensi atau biaya pengiriman transportasi semuanya sangat berperan dalam menentukan keputusan yang tepat untuk bisnis Anda. 

Kunci keberhasilan proses yang pertama, dengan meggunakan fitur omnichannel yang lengkap dalam membantu Anda untuk mengoptimalkan, dan meningkatkan bisnis Anda.

Untuk memperluas akredibilitas bisnis Anda, ayo lihat  di Eva.id cara omnichannel dapat membantu bisnis Anda dalam perkembangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *