Fungsi dari WhatsApp Business API untuk E-Commerce

Terdapat bebrapa manfaat WhatsApp Business API untuk meningkatkan performa e-commerce.

Chatbot memiliki peran penting dalam peningkatan performa dari sebuah e-commerce. Apalagi jika performa komunikasi di dalamnya dikelola dengan strategi yang tepat. akan mendapatkan lebih banyak benefit yang bisa didapatkan dari sebuah bisnis ketika anda dapat memaksimalkan komunikasi dengan pelanggan di dalam e-commerce.

Yang pada dasarnya, chatbot yang ada pada e-commerce dapat berguna sebagai media komunikasi antara anda dan pelanggan. Transaksi otomatis, pengiriman pesan otomatis, respon otomatis, tentunya menjadi benefit yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis anda di dalam e-commerce. Namun, chatbot yang ada di pada e-commerce masih terasa minim untuk proses membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Anda membutuhkan aplikasi pesan yang lebih kompleks dari hanya sekedar merespon.

Dengan beberapa aplikasi pengiriman pesan di luar e-commerce, Anda dapat memaksimalkan pengalaman berbelanja pelanggan dengan nyaman dan aman. Anda dapat lebih mengerti apa yang pelanggan butuhkan. Pesan promosi dan pesan yang lebiah bersifat personal juga berguna meningkatkan engagement pun dapat dijalankan. Pelanggan akan merasa lebih diperhatikan, dengan memberikan pengalaman belanja online yang lebih menarik, jika semakin tinggi penjualan sebuah produk, maka semakin tinggi pula kebutuhan sebuah bisnis dalam meningkatkan pengalaman berbelanja untuk lebih baik lagi.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Anda sebagai pemilik bisnis harus memilih aplikasi pesan apa yang cocok untuk mendukung performa e-commerce Anda. Anda. Memulai dengan menggunakan WhatsApp Business yang sering digunakan oleh banyak pebisnis dan e-commerce.

WhatsApp Business API dan Benefitnya

WhatsApp Business API  perkemabangan dari WhatsApp Business yang diluncurkan. API pada Whatsapp Business API dapat berfungsi untuk integrasi dengan aplikasi pesan dan aplikasi lainnya. Kemudahan integrasi dari Whatsapp Business API ini dapat Anda lakukan melalui dashboard omnichannel. WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan lebih luas dan merespon kebutuhan mereka lebih cepat.

Dengan WhatsApp Business API, Anda akan lebih mudah dalam menjaga hubungan dengan pelanggan. Pasalnya, Whatsapp Business API memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan yang lebih personal kepada semua pelanggan anda. Di mana pelanggan menyukai sesuatu yang lebih personal.

WhatsApp Business API juga menyediakan fitur yang lengkap. Semua percakapan yang masuk akan terekam dalam dashboard omnichannel. Dalam laporan tersebut, Anda bisa mendaapatkan informasi mengenai pesan yang masuk, keluar, hingga pelanggan yang kontaknya sudah tidak aktif. Laporan ini nantinya akan menjadi modal Anda dalam menentukan strategi lanjutan untuk meningkatkan performa customer service (CS).

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, jika API pada WhatsApp Business API berguna untuk integrasi dengan aplikasi lain. WhatsApp Business API juga dapat diintegrasikan dengan e-commerce yang Anda gunakan untuk berbisnis. Sehingga respon pada pesan pelanggan dapat dilakukan dari satu dashboard yang sama dengan aplikasi lainnya.

Kemudahan integrasi dan benefit penggunaan WhatsApp Business API ini dapat Anda maksimalkan lagi untuk performa e-commerce. Berikut beberapa fungsi dari WhatsApp Business API untuk e-commerce

1. Akuisisi Pelanggan

WhatsApp Business API memudahkan Anda dalam mendapatkan calon pelanggan. Hal ini dapat dilakukan saat Anda melakukan integrasi dengan chatbot. WhatsApp Chatbot yang sudah terinstall di webiste Anda dapat menarik pelanggan yang masuk. Tambahkan pertanyaan mengenai informasi kontak dari pelanggan yang menghubungi Anda. Cari tahu apa yang mereka butuhkan. Maka informasi kontak pelanggan bisa Anda gunakan di kemudian hari untuk menawarkan program-program promosi pada bisnis anda.

2. Gammification

WhatsApp Business API juga dapat memaksimalkan dalam gammification. Alih-alih memberikan edukasi pada produk, gammification dapat menjadi cara untuk menginformasikan produk terbaru serta promo yang yang sedang diadakan bisnis anda. Jangan lupa untuk menambahkan call to action yang mengarah pada e-commerce. Setelah itu akan merasakan seberapa besar dampak gammification yang sudah Anda buat.

3. Layanan Bisnis

Whatsapp Business API berguna untuk memberitahukan layanan jual dari produk yang Anda jual di e-commerce. Dari data pelanggan yang sudah terhimpun, Anda bisa melakukan blasting melalui layanan Whatsapp Blast. Beri tahu mengenai layanan yang Anda miliki. Anda juga dapat mengkategorikan pengiriman pesan berdasarkan kategori produk yang dibeli. Semua ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan fitur template pesan.

Layangkan pesan seperti pertanyaan ‘adakah yang bisa kami bantu’ atau ‘apakah ada kendala’. Tidak terbatas ruang dan waktu, Anda tetap bisa memberikan balasan dari respon dari pelanggan dengan cepat.

4. Loyalitas Pelanggan

Dengan strategi customer retention. Salah satu program retention yang terkenal adalah dengan memberikan loyalitas pelanggan. Program ini dapat berbentuk pemberian voucher, poin untuk setiap pembelian, dan layanan terkait. WhatsApp Business API dapat Anda manfaatkan untuk memberitahukan keberadaan program ini.

Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan pengingat kepada pelanggan untuk segera menggunakan voucher yang tersedia. Pada pesan yang dikirimkan, Anda dapat memberikan call to action untuk mengarahkan kepada e-commerce.

5. Strategi Marketing

Jika empat aspek sebelumnya dapat diakomodir oleh Whatsapp Business API, strategi marketing yang besar pun sudah pasti bisa. Whatsapp Business API dapat Anda memaksimalkan media komunikasi dalam strategi marketing di e-commerce. Selain memberitahukan promo, Anda juga dapat memberikan saran mengenai barang yang cocok berdasarkan kebutuhan dari pelanggan anda. Dengan pesan yang lebih personal akan lebih menarik perhatian dari pelanggan.

6. Riset Marketing

Survei kepuasan belanja di e-commerce bisa Anda lakukan dengan Whatsapp Business API. Berikan reward untuk setiap pengisian survei supaya pelanggan tertarik untuk mengisi. Anda dapat membuat pesan melalui template pesan, lalu mengirimkan pesan yang sudah disimpan pada database pelanggan di dashboard anda.

Selain riset kepuasan atau riset marketing, Anda juga dapat mengumpulkan review produk secara langsung dari pelanggan. Dengan menerima review secara langsung melalui Whatsapp, Anda bisa menangani secara langsung jika terdapat review yang kurang memuaskan.

Dengan banyaknya benefit dari Whatsapp Business API yang dapat menguntungkan bisnis anda, apakah anda masih ragu? Untuk menggunakan fitur-fitur yang menarik, untuk itu cek website dari Eva.id lalu anda akan mendapatkan jawaban yang anda cari-cari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *