Channel Apa Saja yang Dapat Digunkanan Omnichannel?

Banyaknya platform penjualan dan semakin bertambah. Maka tingkat bersaing akan semakin ketat karena banyaknya bisnis ritel yang terus bertambah. Dengan pemasaran dan penjualan menggunakan tiap channel yang ada maka akan menarik pelanggan. Apalagi jika pelanggan menggunakan banyak channel untuk berbelanja.

Mungkin anda banyak memanfaatkan channel penjualan khususnya channel-channel online seperti platform marketplace, e-commerce, dan media sosial lainnya. Namun kompetitor lainnya pun melakukan hal yang sama.

Solusi agar dapat terus bersaing dan bahkan unggul dibandingkan kompetitor lainnya, anda harus bisa memberikan pengalaman yang menarik dan membuat pelanggan ingin terus membeli produk anda. Lewat pendekatan omnichannel, pebisnis ritel dapat mengembangkan sebuah strategi yang dapat diaplikasikan ke seluruh channel sehingga pengalaman yang dihasilkan saling terhubung.

Tidak hanya memberikan pengalaman yang maksimal, anda dapat menerapkan marketing omnichannel agar mendapatkan tingkat retention yang 90% lebih tinggi dibanding yang tidak menggunakan omnichannel. Ini membuktikan bahwa efektifnya strategi omnichannel dalam menjalankan bisnis.

Berikut beberapa channel yang dapat anda gunakan pada bisnis anda :

  • Toko Offline

Memanfaatkan platform digital bukan berarti anda harus meninggalkan toko fisik atau toko offline anda. Anda juga dapat mengintegrasikan toko secara offline dalam menjalankan strategi marketing omnichannel. Contohnya toko A, pelanggannya meng-order melalui salah satu aplikasi agar kemudian diambil di toko. Selain itu, toko A juga bukan hanya meluncurkan fitur mobile yang dapat digunakan di toko offline. Contoh lainnya adalah target yang juga mengintegrasikan aplikasi mereka dengan pengalaman berbelanja di toko offline.

Pelanggan dapat memeriksa ketersediaan produk di toko terdekat melalui aplikasi sebelum datang langsung ke toko sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan perangkat mereka untuk memindai (scan QR) barcode produk di toko dan mendapatkan penawaran eksklusif yang menarik.

  • Website E-Commerce

Website kini sudah menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis. Anda pun bisa mengikutinya dalam strategi omnichannel yang akan dijalankan. Salah satu contoh sederhana bagaimana bisnis menggunakan website  dalam menciptakan pengalaman omnichannel adalah dengan menggunakan data untuk mengingat perilaku belanja pelanggan dan memberi rekomendasi.

Anda dapat menerapkannya dengan mengingat ukuran pakaian pelanggan berdasarkan pembelian online mereka.

  • Media Sosial

Cara lain untuk menawarkan pengalaman manarik dalam strategi omnichannel retail adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk membangun interaksi dengan pelanggan. Untuk melakukan ini, cara sederhana yang dapat dilakukan ialah dengan menautkan website toko online anda dan tambahkan metode pembayaran pada postingan Instagram, Facebook, dan Tiktok juga pada media sosial lainnya yang bisa memudahkan pelanggan. 

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan data pada media sosial anda seperti engagement dan interaksi untuk menghasilkan strategi media sosial yang lebih efektif dan pengalaman yang lebih menarik. Dan juga dapat memanfaatkan data media sosial untuk menawarkan diskon atau promo terhadap produk yang disukai oleh pelanggan anda. 

  • Pelayanan Menarik

Dengan pelayanan yang baik dari fitur omnichannel membuat channel yang efektif untuk menjaga retensi pelanggan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Anda bisa memanfaatkan fitur omnichannel untuk mengirimkan penawaran berdasarkan rekaman pembelian atau perilaku pelanggan saat mengunjungi website bisnia anda, meminta pendapat mengenai pengalaman mereka, serta mengingatkan mereka untuk melakukan checkout.

  • Penjualan Melalui Telepon

Melalui telepon, anda dapat merekam data mengenai preferensi pelanggan atau memberikan informasi mengenai produk yang dicari oleh pelanggan. Dari sini, anda bisa menghubungkan mereka dengan toko terdekat, website toko online, atau channel lainnya sehingga mereka bisa tetap mendapatkan informasi yang sama dan pengalaman yang konsisten saat mengakses bisnis anda melalui channel lainnya. 

  • Aplikasi

Banyaknya cara yang dapat anda lakukan untuk menerapkan strategi omnichannel pada aplikasi. Salah satu strategi omnichannel lain yang dapat anda terapkan melalui aplikasi ialah menerapkan pembayaran bebas melalui aplikasi yang juga dapat dilakukan pada toko offline. Anda juga dapat mengembangkan fitur dimana pelanggan dapat melacak pengiriman secara real-time melalui aplikasi.

Dengan mengintegrasikan channel-channel yang ada, menganalisis data, serta yang paling penting fokus pada perspektif pelanggan, strategi omnichannel yang dijalankan akan membantu anda dapat meningkatkan penjualan yang lebih tinggi dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. 

Maka bisnis anda pun mampu memberikan pelayanan terbaik dengan menggunakan fitur omnichannel dan mengoptimalkan platform seperti website e-commerce dan media sosial lainnya. Gunakan Eva.id  untuk mengembangkan bisnis Anda agar lebih baik lagi dari kompetitor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *