Pengertian dan Manfaat Omnichannel Bagi Bisnis Anda

Omnichannel ialah istilah yang berasal dari dua kata omni dan channel. Omni yang berarti satu-kesatuan atau keseluruhan, sedangkan channel berarti saluran. Secara garis besar Omnichannel adalah gabungan beberapa channel yang saling terintegrasi ke dalam satu sistem. Alih-alih bekerja masing-masing, channel penjualan yang berbeda bekerja secara bersamaan.

Perkembangan teknologi yang pesat merubah perilaku konsumen dalam berbelanja dan mulai mengenal multichannel dimana konsumen dapat membeli produk dari berbagai channel. Seperti, toko, e-commerce, media sosial, website. Lalu multichannel berkembang menjadi channels yang saling berhubungan yang dengan mudahnya mampu mengakses berbagai channel dalam satu tempat secara terus menerus. Dan itu dinamakan sebagai omnichannel.

Berikut beberapa manfaat Omnichannel bagi bisnis :

  • Konsumen

Dengan merespon pesan pelanggan dengan cepat dan seluruh pesan akan masuk dalam satu halaman maka saluran komunikasi yang berbeda-beda dapat menjangkau banyak pelanggan.

Omnichannel membantu anda untuk lebih mudah menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu dan membantu melakukan penawaran mudah hanya dengan satu kali klik saja. Informasi pelanggan akan tersimpan dalam sistem membuat anda mudah dalam melakukan penawaran dengan hanya informasi sumber menganilis perilaku, minat dan niat pelanggan yang sudah tersimpan pada sistem.

Maka kepuasan pelanggan meningkat karena merasa senang telah membantu menemukan kebutuhannya secara otomatis dan penjualan pun meningkat. Dengan begitu dapat menarik banyak konsumen dari platform yang berbeda.

  • Efesiensi

Omnichannel meningkatkan efesiensi kerja anda karena semuanya sudah deprogram secara otomatis dalam mencatat data informasi para pelanggan secara real time. Langsung mengetahui masalah dan tidak menunggu waktu yang lama untuk menangani masalah dengan cepat, menawarkan database terpusat untuk anda.

  • Visibilitas merek

Menempatkan pesan yang menggambarkan produk yang dimiliki merek tersebut berkualitas di seluruh saluran secara tepat waktu dan konsisten melaui online maupun toko fisik. Visibilitas merek dapat mendorong loyalitas pelanggan yang lebih besar.

Bagaimana? Tertarik memasang omnichannel di bisnismu? Eva.id siap membantu dengan jaminan harga termurah dari kompetitor!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *