Pengertian Ticketing

Sebagai seorang customer service (CS) atau customer support, pasti sudah terbiasa menerima berbagai macam pesan yang berisi pertanyaan atau keluhan dari para pelanggan? Pada setiap harinya sebuah bisnis akan menerima banyak telepon atau pesan dari pelanggan dan dengan banyaknya pelanggan maka tidak dapat dipungkiri mereka akan menelpon atau mengirim pesan pada jam yang sama atau secara bersamaan, kepada nomor yang sama pula. Yang pastinya ini akan membuat para cs sangat kewalahan.

Lalu bagaimana cara mengatasi semuanya agar dapat tertangani dengan baik? Jawabannya adalah dengan membuat sebuah tiket. Dengan mengubah pesan masuk menjadi sebuah tiket dalam menampung pesan dari pelanggan. menggunakan sebuah sistem ticketing helpdesk maka dapat membentu bisnis anda untuk mengubah pesan menjadi tiket sehingga dapat tertata dengan rapid an memudahkan pekerjaan dari customer service (CS).

Fitur ticketing adalah sistem program yang bisa membantu bisnis dalam menampung, mengelola, dan melacak permintaan dari pelanggan. Pelanggan seringkali memberi pertanyaan atau keluhan kepada bisnis anda melalui telepon ataupun sebuah pesan. Dengan fitur ticketing, pesan yang masuk dari berbagai macam platform seperti WhatsApp, Telepon, Instagram, Website, Chatbot, E-mail, dan sebagainya. Akan dirubah menjadi sebuah tiket pelanggan. 

Hanya dengan satu platform, sistem ticketing dapat memudahkan Cs dalam memprioritaskan pesan, kemudian melacak dan memfollow-up permintaan dari pelanggan. Komunikasi antara customer service (CS) dan pelanggan untuk megatasi keluhan agar lebih baik dengan adanya ticketing helpdesk. Fitur ini terintegrasi dengan sistem CRM atau customer relationship management terpercaya.  

Setiap pelanggan berbeda-berbeda jika memberikan keluhan atau pertanyaan. Ada pelanggan yang lebih suka menelepon langsung ke CS, ada pula pelanggan yang lebih memilih mengirimkan pesan berupa chat di aplikasi instant messaging ataupun media sosial. Para pelaku bisnis biasanya mempunyai berbagai macam saluran untuk sarana komunikasi pelanggan. Di manapun salurannya, pelanggan selalu ingin anda cepat menerima pesanya lalu mendapatkan balasan dan penanganan masalahnya. 

Karena dengan begitu anda sangat membutuhkan ticketing helpdesk. Hanya dengan satu platform anda bisa mengelompokkan keluhan dan pertanyaan dari pelanggan dan mengelompokan pesan yang harus diprioritaskan lebih dulu. Anda juga dapat menentukan cara merespon yang baik untuk setiap masalah yang dialami pelanggan.

Kini anda mengetahui betapa pentingnya software ticketing untuk mempermudah customer service (CS), anda dalam menangani keluhan dan pertanyaan dari pelanggan. Eva.id dapat membantu anda dengan memberikan solusi atas permasalahan yang ada pada bisnis anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *