Keuntungan dari Strategi Omnichannel

Omnichannel bukan hanya sekedar memanfaatkan banyak saluran. Omnichannel diprogram untuk mengintegrasikan semua jalan untuk memastikan bahwa pelanggan dapat melakukan transaksi dengan cara apapun yang mereka inginkan. Ketika sebuah merek mengadopsi pendekatan dengan omnichannel, detail yang dimasukkan oleh pelanggan melalui satu saluran akan diintegrasikan dengan semua saluran lainnya.

Berikut beberapa Keuntungan dari Strategi Omnichannel :

  1. Retensi Pelanggan yang lebih baik

Pada 3 tahun terakhir, jumlah pelanggan yang pergi dari merek atau toko langganannya hanya karena satu pengalaman buruk  meningkat menjadi 33%.  Dengan alasan ‘tidak nyaman’. Perlu anda ingat, mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih menguntungkan daripada mendapatkan pelanggan baru.

Setiap pelanggan pasti ingin bertransaksi dengan cara yang paling nyaman. Maka dari itu, strategi omnichannel adalah opsi terbaik untuk dapat menyediakan berbagai pilihan yang mungkin tersedia bagi pelanggan.

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa bisnis yang berhasil menerapkan cross-channel marketing secara konsisten rata-rata menikmati peningkatan retensi pelanggan sampai 13% per tahun.

  1. Meningkatkan Pendapatan dari Penjualan

Menggunakan banyaknya channel, bisnis anda akan sering dilihat oleh para pelanggan yang juga memiliki banyak channel. Bahkan sebuah studi menyebutkan 46.000 dari pelanggan yang memiliki banyak channel 4% lebih banyak berbelanja dan menunjukkan pelanggan omnichannel menghabiskan lebih banyak uang daripada pelanggan satu saluran. Karena setiap saluran tambahan pelanggan menggunakan saluran rata-rata 10% lebih banyak dibandingkan yang hanya menggunakan satu saluran tunggal.  Pelanggan yang melakukan transaksi berulang, meningkatkan pendapatan bisnis sampai 40%, terlepas dari skala transaksinya.

  1. Pengelolaan Data Lebih Baik

Menggunakan omichannel, memiliki banyak kesempatan agar dapat mengumpulkan data dibeberapa platform yang mereka gunakan dan memanfaatkan data tersebut kembali ke pelanggan, dengan memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih dipersonalisasi. Pemasaran dan penjualan dilakukan melalui berbagai channel, maka anda dapat memantau pelanggan. Berkat hal ini, anda dapat memahami pelanggan dengan lebih baik.

  1. Kepuasan Pelanggan

Berdasarkan studi, 64% pelanggan menginginkan dukungan secara real timeterlepas dari channel yang digunakan untuk komunikasi. Sementara itu, sekitar 75% pelanggan cenderung akan kembali mengunjungi bisnis yang pelayanannya baik. Pengalaman yang baik ini memberi pelanggan koneksi yang lebih dalam dan lebih puas dengan merek, yang seharusnya meningkatkan loyalitas pelanggan. Sekarang, Anda harus tahu bahwa mempertahankan pelanggan yang sudah ada selalu lebih mudah dan lebih murah dan lebih efisien daripada menarik pelanggan baru.

Ingin meraup banyak keuntungan bisnis dalam menggunakan website dan toko online anda? Hanya perlu mengunjungi Eva.id maka anda akan menemukan bagaimana caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *