Apa Manfaat  Fitur Live Chat Bagi Bisnis  Anda, Agar Lebih Dekat dengan Pelanggan!

Anda pasti pernah mengunjungi website atau toko online yang menampilkan sebuah menu dengan tulisan “Were Online”, “Chat Us” atau “Tanyakan kepada kami”. Saat  adanya internet, segala transaksi sekarang terasa serba mudah. Tak hanya berbelanja melaui online, melakukan negosiasi dan bertanya tentang produk yang akan dibeli pun bisa digunakan melalui fitur live chat. Hal ini sangat berguna bagi pengunjung yang merasa bingung ataupun masih ragu dengan alur transaksi pada website anda. 

Layanan live chat biasanya hanya dianggap sebagai fitur komunikasi instan saja. Padahal, ada begitu banyak manfaat dari layanan live chat yang dapat anda rasakan dampaknya terhadap bisnis anda. Selain itu.

Apa Manfaat  Fitur Live Chat Bagi Bisnis  Anda, Agar Lebih Dekat dengan Pelanggan?

Seperti banyak diketahui, live chat merupakan sebuah fitur dalam website bisnis yang memudahkan pelanggan dan pengelola website untuk berkomunikasi. Live chat adalah sebuah web service untuk membantu komunikasi secara real time dengan para pengunjung website. Biasanya, ikon untuk fitur live chat ada di sudut kanan bawah sebuah website. Berikut beberapa manfaat fitur Live Chat bagi bisnis anda :

  • Obrolan yang Proaktif

Banyak yang terbiasa berkomunikasi melalui Whatsapp. Namun, bagi pengunjung website. Hal ini tentu akan merepotkan mereka. Karena mereka sedang asyik melihat-lihat produk online pada website anda menggunakan laptop atau pc dan ketika ingin menanyakan tentang stok barang ataupun varian warna, mereka harus membuka dulu aplikasi whatsapp lalu menanyakannya.

Maka akan lebih mudah jika menanyakan secara langsung melalui live chat tanpa harus mengganti device dari laptop ke smarphone atau harus membuka dulu whatsapp web. Dengan adanya fitur live chat, hal ini tentunya akan memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi tanpa harus berpindah device.

Dengan adanya live chat dalam sebuah website dapat memudahkan pelanggan dalam menghubungi pengelola website saat membutuhkan bantuan. Komunikasi melaui live chat akan mendorong penjual dan pelanggan dapat berintraksi secara proaktif.

  • Kesan Fast Respon

Pada fitur live chat, anda dapat mengakses melalui smartphone sehingga anda dapat menjawab setiap pertanyaan pelanggan yang berkunjung ke website anda dengan lebih mudah dan cepat. Pastikan anda sangat mementingkan pelayanan yang fast respon terhadap pelanggan untuk mendapatkan feedback yang baik dari para pelanggan.

  • Live Chat Dapat Melayani 24 Jam

Fitur live chat dengan chatbot dapat menjawab pesan pelanggan secara otomatis. Pesan yang diberikan oleh chatbot dapat diatur sesuai dengan keinginan anda. Misalnya, jawaban singkat dari pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh pelanggan atau informasi mengenai pemecahan masalah yang sedang terjadi. Fitur live chat pada sebuah website bisnis menunjukkan bahwa bisnis anda serius dalam mewujudkan komitmennya. Memberikan pelayanan bagi pelanggan selama 24 jam.

  • Menghemat Waktu Pelanggan dan Menghemat biaya operasional

Pada era digital ini banyak orang yang menggunakan internet. Dengan fitur live chat memudahkan pelanggan mengakses informasi tentang bisnis anda. Akan sangat merepotkan bila menggunakan telepon, paling tidak, harus membeli pulsa terlebih dahulu. Sedangkan bila melalui email, seringnya kurang responsive (late response). Namun, dengan live chat anda sebagai pengguna akan jadi lebih mudah dan cepat memperoleh informasi dan menyelesaikan masalah yang sedang dialami.

Dengan adanya fitur live chat dapat menghemat biaya operasional. Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung tanpa perlu biaya tambahan pulsa seperti sebelum-sebelumnnya.

  • Mengurangi Resiko Bounce  Rate

Banyak dari pengunjung website ataupun toko online anda, yang merasa bingung dan kesal karena ketika mereka mencoba menghubungi lewat Whatsapp. Tak kunjung mendapatkan balasan, sehingga mereka beralih ke website atau toko online lain yang lebih komunikatif dan fast response. Apabila Anda menggunakan fitur Live Chat. Anda dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan dengan jelas dan masalah pengunjung website anda dapat terselesaikan secara mudah. Hal ini tentu dapat mengurangi resiko bounce rate maupun peninggalan keranjang belanja (cart abandonment). Fitur live chat secara signifikan dapat mempermudah pengunjung website kepada pengelola website untuk berkomunikasi. Sehingga, mereka mendapat bantuan yang mereka butuhkan hingga akhirnya mereka melalui proses checkout atau pembayaran. Jangan sampai pelanggan anda beralih pada kompetitor hanya karena kurang maksimalnya pelayanan yang anda berikan.

  • Meningkatkan Penjualan

Sepeti yang diketahui, dengan keberadaan fitur live chat dapat membuat kepuasan pelanggan meningkat. Dengan kepuasan pelanggan meningkat, maka pelanggan anda akan mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. Pada akhirnya dengan kepuasan dan kepercayaan dari pelanggan  akan membuat mereka membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh bisnis anda.

Banyaknya permasalahan dan kekurangan, dalam website dan toko online anda membuat anda juga kebingungan? Bagaimana cara meningkatkan performa website dan toko online? Anda hanya perlu mengunjungi Eva.id maka anda akan menemukan jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *