Tips Ampuh! Berkomunikasi Baik dengan Pelanggan

Setiap pengalaman berbelanja dari para pelanggan yang akan menentukan strategi apa yang dapat anda gunakan. Dengan adanya strategi maka anda perlu bertransformasi ke digital yang akan memaksa untuk mengubah model bisnis dan beradaptasi dengan realitas pasar yang baru. Menariknya ialah bukan bisnis yang mendorong perubahan ini. Tetapi, perubahan ini didorong oleh pelanggan.

Untuk mengikuti tren atau kebiasaan dari para pelanggan pada masa kini yang terhubung setiap saat, memanfaatkan teknologi membantu bisnis sekaligus memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Dalam memenuhi kebutuhan setiap pelanggan akan bisnis yang berpusat pada dunia digital, anda harus mampu meningkatkan kualitas komunikasi dengan pelanggan mereka. Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan dapat dimulai dari customerservice (CS) yang baik. Tujuan pertama dari customerservice adalah membuat pengalaman pelanggan dengan bisnis anda menjadi mudah dan lancar.

Lantas, mengapa pelanggan sepertinya masih harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk berkomunikasi dengan bisnis?

Bagi pelanggan, mendapatkan bantuan dengan mudah adalah sebuah hak besar yang patut mereka dapatkan. Nyatanya, hal ini tidak mudah untuk direalisasikan oleh pebisnis. Banyak bisnis yang masih gagal menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggannya. Berikut beberapa tips ampuh berkomunikasi dengan pelanggan, dijamin ampuh!

Tips Berkomunikasi Baik dengan Pelanggan

1. Pelanggan adalah Raja

Tidak peduli sebesar apa bisnis atau berapa banyak pelanggan, penting untuk terlibat secara personal dengan setiap pelanggan. Kenapa? Karena mereka adalah seorang individu. Menjaga hubungan baik agar bisa dibangun dengan memberikan pelayanan yang lebih efektif dan berpusat kepada pribadi masing-masing.

Kepuasan pelanggan yang lebih baik membuat pelanggan menjadi setia atau menjadi langganan tetap. Bisnis atau perusahaan yang mengoptimasi keterlibatan pelanggan dapat memberikan performa 85% lebih baik pada pertumbuhan bisnis.

2. Ettitude

Anda perlu menjaga ettitude agar pelanggan merasa nyaman. Etika dan tata bicara akan membuat pelanggan merasa nyaman. Kesopanan dapat ditunjukkan dengan berbicara dengan lembut, tidak berteriak, tidak emosional, menatap mata konsumen, mengucapkan terima kasih, tersenyum,  atau jika melalui online dapat membalas pesan dengan mudah dimengerti, jangan sampai apa yang anda kirimkan pesan, membuat pelanggan anda salah tanggap dengan apa yang diterimanya.

Dengan begitu pelanggan akan lebih menghargai Anda. Walaupun tidak memberikan kesan yang mereka inginkan, tetapi setidaknya tidak memberikan kesan yang buruk dan membuat mereka enggan untuk kembali lagi.

3. Hargai Pelanggan

Selain bersikap sopan, Anda perlu selalu menghargai pelanggan. anda dapat mendengarkan dengan seksama permintaan pelanggan, menyambut pelanggan yang datang atau ingin bertanya dengan sapaan yang enak untuk diterima, menciptakan suasana yang menyenangkan, melayani pelanggan dengan sabar.

Jika menghargai pelanggan yang pasti akan lebih nyaman dan menganggap bahwa bisnis Anda melakukan yang terbaik untuk melayani setiap pelanggan yang datang. Ini akan sangat berdampak pada citra bisnis anda.

4. mission statement pada pelanggan 

Mission statement yang menjelaskan tujuan dari customer service (CS). Mission statementialah sebuah pernyataan yang menggambarkan tujuan bisnis Anda. 

Lalu, komunikasikan kepada adminAnda dengan memasukkannya dalam pelatihan customer service bisnis. Tetapkan  mission statement yang ditentukan realistis dan mudah dimengerti. Tak lupa sediakan panduan untuk admin dari customer service Anda. Misi dan cara mengimplementasikan hal ini, karena komplain dari pelanggan pasti berubah-ubah seiring waktu, bebaskan admin untuk menyarankan cara-cara baru dalam melaksanakan customer service mereka.

5. Jadilah rendah hati

Menjaga etika komunikasi juga harus dibarengi dengan sikap rendah hati. Menunjukan dengan cara bertutur kata dengan sopan, mengucapkan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan pelanggan, tersenyum tulus, berpakaian sewajarnya namun tidak berlebihan, berpakaian rapi dan bersih, serta tidak memuji diri sendiri.

Kebanggaan dapat membuat pelanggan membenci perilaku Anda dan menolak untuk berbicara dengan Anda. Rendah hati dan sopan salah satu hal penting dalam komunikasi, serta dalam bisnis. Jadi, pastikan untuk menerapkan ini jika Anda ingin bisnis Anda terus berkembang.

6. Jujur

Jujur tentang kebijakan yang ada pada bisnis  anda agar pelanggan dapat pengalaman yang lebih baik. Dengan memberikan ekspektasi yang jelas dan konsisten dari awal, pemberi dan penerima komplain akan sama-sama memiliki tujuan yang sama. Hal ini membuat keberhasilan yang lebih konkrit ketika melayani pelanggan. 

Contoh sederhananya, tentang produk yang di jual pada website atau toko online anda, sesuai dengan gambar atau deskripsi. Jika tidak sesuai, akan memancing statement pelanggan bahwa bisnis anda tidak jujur atau kasarnya penipu. Maka dari itu perlunya kejujuran dalam bisnis dan apapun itu.

7. Pendengar yang Baik

Ini bukan hanya sekadar meminta masukan dari pelanggan. Mendengarkan kritik dan saran di media sosial atau  percakapan melalui media sosial untuk mengetahui apa yang sebenarnya dirasakan pelanggan tentang produk, brand, atau layanan yang anda berikan, adalah cara anda menjadi pendengar yang baik bagi pelanggan anda.

Anda dapat belajar mengoreksi apa yang dikatakan orang di sekitar Anda secara daring. Ini termasuk kebutuhan pelanggan, kesulitan, daftar keinginan fitur, dan sentimen brand.

Mendengarkan di media sosial juga memberikan kesadaran diri yang berharga yang tidak dimiliki banyak brand. Sedemikian rupa sehingga 80% bisnis berpikir mereka memberikan pengalaman layanan pelanggan yang unggul, tetapi hanya 8% pelanggan yang setuju dengan hal tersebut.

8. Pengalaman Komunikasi yang Lancar

Untuk sekarang ini, Customer service (CS) dalam melayani pelanggan sudah banyak menggunakan Fitur Chatbot dan banyak lagi fitur yang dapat membantu anda untuk meningkatakan performa pada bisnis anda, dengan menggunakanChatbot akan sangat membantu bisnis anda. Hal ini juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mencegah masalah yang terjadi dan juga memberikan jalan untuk menyelesaikan masalah. Chatbot dibuat selangkah lebih mudah dengan proses chatyang tidak memakan waktu dan efektif. 

Chatbot ini sebagai solusi anda agar berkomunikasi baik dengan pelaggan yang bisa anda dapatkan di Eva.id, chatbot ini bekerja dengan efektif karena anda tidak perlu lagi menjawab hal yang sama secara terus menerus. akan membuat pengalaman baik bagi pelanggan anda hingga akan memperlancar jalinan komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *