Skill yang Harus Customer Service Miliki

Banyak dari anda mungkin secara tidak sadar sudah pernah berhubungan dengan customer service (CS), baik untuk menanyakan perihal informasi mengenai produk dari suatu bisnis atau untuk komplain karena ketidakpuasan terhadap produk mereka. Singkatnya, customer service adalah pasukan paling depan yang berhadapan langsung dengan pelanggan baik sesudah atau sebelum membeli produk. Para customer service harus memiliki kemampuan memberikan kenyamanan bagi pelanggan sehingga bisa memenuhi ekspektasi mereka. Maka dari itu, pentingnya jasa dari customer service juga faktor pendukung dari CS sangat wajib anda ketahui bagi pebisnis.

Sebagian besar peran CS adalah untuk mendengar keluhan maupun menjawab pertanyaan pelanggan. Para CS juga kerap dituntut untuk menjadi pemecah masalah yang dihadapi mereka, dan CS sebisa mungkin harus mampu menemukan jalan keluar untuk pelanggan. Tidak jarang juga orang-orang meremehkan posisi ini atau bahkan memandang dengan sebelah mata. Padahal menjadi seorang customer service (CS) bukanlah pekerjaan yang tidak membutuhkan kemampuan dan skills tertentu. Mari simak lebih jauh mengenai customer service dibawah ini!

Pengetahuan Mendalam Mengenai Produk

Customer Service, di haruskan mengetahui lebih dalam tentang produk dan layanan dari bisnis tempatnya bekerja. Jika tidak, maka akan sangat kerepotan saat membentu dalam menyelesaikan masalah pelanggan dan juga dalam menenggapi setiap keluhan pelanggan.

Pendengar yang Baik

Seperti yang diketahui bahwa pelanggan adalah raja.

Tidak sedikit dari para pelanggan yang menghubungi untuk komplain dan mengajukan banyak pertanyaan seputar permasalahan mereka. Seorang CS selain harus menguasai segala informasi mengenai bisnisnya, mereka pun juga perlu untuk menjadi pendengar yang baik demi mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Komunikatif

Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik saat berhubungan dengan pelanggan adalah skill utama yang perlu dimiliki oleh CS. Pasalnya, sedikit saja miskomunikasi maka ini akan membuat pelanggan kecewa terhadap pelayanan yang anda berikan. 

Persuasi 

Terkadang juga anda akan menghadapi situasi dimana. Diharuskan menawarkan produk atau layanan pada pelanggan. Dalam situasi ini sangat membutuhkan kemampuan persuasi yang baik, agar anda dapat meyakinkan para pelanggan bahwa produk tersebut layak untuk mereka beli.

Fast Response

Ketika pelanggan memiliki keluhan ataupun pertanyaan yang ingin mereka tanyakan, dengan menghubungi CS. Yang pastinya pelanggan sangat memerlukan jawaban secepatnya, jangan sampai waktu pelanggan terbuah sia-sai karena tidak kunjung mendapatkan sekedar respon atau jawaban dari anda dan pastikan pelanggan tidak beralih kepada kompetitor lain. Dengan respon yang cepat tanggap akan sangat mempengaruhi seberapa besar loyalitas pelanggan terhadap brand.

Menjadi customer service (CS) tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan dari pelanggan. perlunya mempertimbangkan pula skill atau kemampuannya dalam menyelesaikan masalah dari pelanggan. Customer service memiliki peranan yang penting karena merupakan garda terdepan dalam membangun hubungan antara bisnis dengan pelanggan.

Namun, terdapat kendala dalam mengelola interaksi dengan ribuan pelanggan. Belum lagi dengan layanan 24 jam yang akan dijalani oleh CS sesuai shift kerja mereka masing-masing. Kendala tersebut memiliki dampak buruk pada hubungan bisnis dengan pelanggan karena menganggap pelayanan yang di berikan belum memuaskan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan software pendukung bagi customer service sebagai solusinya. Anda dapat gunakan fitur-fitur yang terdapat pada Eva.id disini anda akan mendapatkan banyak fitur yang anda butuhkan untuk dapat menunjang kinerja anda sebegai customer service (CS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *