Tahap Untuk Meningkatkan Customer Service Pada Bisnis

Pelayanan pelanggan atau customer service (CS) ialah hal yang sangat penting, apapun jenis bisnis yang sedang anda jalankan. Mendatangkan pelanggan baru dengan mengadakan promosi memang efektif, namun kunci utama bertahan pada bisnis adalah dengan customer service.

Dengan pelayanan pelanggan yang baik, maka anda meningkatkan customer retention. Bukan hanya itu, pelayanan yang baik juga dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan anda merekomendasikan bisnis anda kepada rekan dan saudaranya. Untuk meningkatkan pelayanan yang baik anda dapat menerapkan beberapa tahap. Seperti :

 Angkat Telpon dari Pelanggan

Langkah pertama yang dapat anda lakukan, dengan menjawab telepon dari pelanggan anda. Jangan biarkan telepon berdering terlalu lama atau membuat pelanggan menunggu lama, apalagi sampai tak terangkat. Ini akan berakibat pada pelanggan anda yang beralih kepada competitor yang lebih fast respon jika sampai terjadi, pastikan anda menelpon balik pelanggan anda.

Selain itu, pastikan yang menjawab telepon pelanggan tersebut bukanlah robot. Pelanggan anda ingin berbicara langsung dengan staf CS anda, bukan suara rekaman yang mengoper panggilan anda ke sana dan kemari tanpa kejelasan.

Jika perlu, gunakan sistem helpdesk yang terintegrasi dengan telepon untuk memudahkan pencatatan panggilan telpon. Dengan demikian, penanganan tiket dari pelanggan akan lebih tertata dan bisa tertangani dengan lebih cepat.

Jangan Buat Janji Palsu

Jika anda berjanji barang yang dibeli pelanggan akan sampai besok, lakukan segala daya upaya agar barang tersebut sampai ke tangan pelanggan anda esok hari. Jika tidak bisa menepati janji usahakan untuk memberi pengertian tentang waktu estimasi kepada pelanggan.

Akan ada banyak sekali dampak negatif yang bisa anda terima apabila tidak dapat menepati janji kepada pelanggan. Feedback yang buruk, maka akan menurunkan reputasi toko tentu ini akan membuat para calon pelanggan anda kabur karena melihat review yang buruk terhadap bisnis anda. Mungkin terlihat sepele, namun akan sangat berdampak besar pada bisnis anda.

Mendengarkan Pelanggan

Pasti anda akan merasa lelah dan kesal karena pelanggan anda tidak mendengarkan anda, padahal anda sudah menjelaskan dengan panjang lebar. Lalu coba bayangkan bila pelanggan anda ada pada posisi dimana mereka mengeluh atau bertanya, namun anda tidak mendangarkannya.

Jika anda memang benar-benar ingin memperbaiki customer service (CS) anda, maka perhatikan apa saja yang pelanggan anda katakan. Berikan respon yang tepat seperti dengan memberikan jalan keluar dari permasalahannya.

Jangan Hindari Komplain

Mungkin akan terdapat beberapa human error atau kesalahan yang terdapat pada bisnis anda. Namun, jika anda berusaha untuk memberikan perhatian kepada komplain atau keluhan yang datang kepada anda, maka besar kemungkinan anda memeberikan kepuasa kepada pelanggan yang melakukan komplain. Juga pada akhirnya, bisnis anda yang akan merasa untung karena telah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Jika dapat menanganinya dengan baik, maka akan membuat peluang bisnis yang cukup besar. Dengan adanya komplain berperan untuk menemukan masalah yang ada pada bisnis anda yang belum tentu dapat anda lihat sendiri dari dalam bisnis anda. Survey mengatakan bahwa 70% dari pelanggan yang mengajukan komplain dan bisnis mampu menanganinya dengan baik akan terus menjadi pelanggan dari bisnis tersebut.

Bantu Pelanggan Anda

Dengan memberikan sedikit bantuan kepada pelanggan akan sangat menguntungkan anda pada bisnis anda. Seperti misalnya hanya sekerdar memberikan beberapa saran tentang apa yang akan di beli pada bisnis anda atau apa yang dapat dilakukan apabila terjadi kendala.

Dengan begitu pelanggan akan merasa, tak hanya menjamin bahwa mereka akan menjadi pelanggan tetap atau menceritakan tentang bisnis anda dari mulut ke mulut. Entah itu kepada rekannya atau bahkan saudaranya mengenai hal ini.

Sudah dapat dipastikan akan memberikan pengaruh baik kepada bisnis anda dan anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat, jauh dari waktu yang anda luangkan untuk pelanggan anda.

Berikan Layanan Terbaik

Berikan pelayanan terbaik yang bisa anda berikan kepada pelanggan, bukan hanya dengan membantu menyelesaikan setiap masalahnya saja. Tetapi juga dengan sekedar memberikan sapaan yang tulus atau dengan bahasa yang mengenakan itu salah satu bentuk dari layanan terbaik yang dapat anda berikan.

Dan akan memberikan kesan yang kuat kepada bisnis anda di mata para pelangan. Sehingga kemungkinan besar mereka akan kembali berbisnis dengan anda lagi karena pelayanan yang baik sebelumnya.

Tentunya juga, salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada bisnis anda, dengan menggunakan Eva.id sebagai partner terpercaya anda yang dapat membantu customer service anda menjadi lebih baik. Dengan banyak kelebihan dan mengefisiensi pekerjaan anda sehingga dapat bekerja lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *