Praktik Terbaik untuk Pengalaman Pelanggan yang Sukses  dengan Omnichannel

Dengan penggunakan strategi omnichannel menghasilkan nilai pesanan rata-rata 13% lebih tinggi dan meningkatkan retensi pelanggan hampir sebesar 90%.

Apa itu Pengalaman Pelanggan dengan Omnichannel?

Pengalaman pelanggan omnichannel terjadi ketika perusahaan memelihara, menjual, dan mendukung prospek dan pelanggan di berbagai saluran. Misalnya, perusahaan dengan mulus mengintegrasikan media sosial, SMS, chatbot, dan aplikasi lainnya. Sebagai satu bagian, untuk pendekatan ini memungkinkan pelanggan untuk memulai pengalaman dengan mereknya pada satu saluran dan melanjutkan di saluran lain dengan mulus tanpa hambatan.

Dan sekarang ini, pemasaran dengan omnichannel sangat penting pada suatu bisnis karena mampu membantu pelaku usaha untuk menjangkau pelanggan dan memberi mereka pengalaman positif di setiap tahap pembeliannya. Dengan demikian, bisa meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan dan memperkuat loyalitas pelanggan. Ini juga mengurangi churn dan menciptakan reputasi positif untuk merek dan bisnis anda.

Sederhananya, Anda ketika anda merasa lelah setelah berkegiatan atau seharian bekerja dan ingin minum kopi sebelum pulang. Namun, kedai kopi favorit anda penuh sesak pada saat itu, dan anda terlalu lelah untuk mengantri. Bukankah menyenangkan bila kedai kopi dapat melakukan pre-order kopi melalui aplikasi? Dan dengan begitu. Akan mempermudah pelanggannya untuk memesan dan membayar. Karena itu, pembayaran seluler mereka menunjukkan pertumbuhan transaksi sebesar 29%. Tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan dengan teknologi omnichannel, tetapi juga meningkatkan penjualan.

Berikut beberapa statistik utama untuk mengilustrasikan pentingnya pemasaran omnichannel.

• Pemasaran mengalami tingkat keterlibatan 250% lebih tinggi menggunakan strategi omnichannel daripada pemasaran satu saluran.

• Nilai pesanan rata-rata 13% lebih tinggi saat pemasaran menggunakan strategi omnichannel.

• Strategi omnichannel telah meningkatkan tingkat retensi pelanggan sebesar 90%.

Praktik Terbaik Pengalaman Pelanggan dengan omnichannel

Memahami fakta saja tidak cukup. Sekarang mari lihat praktik terbaik dalam menerapkan strategi omnichannel untuk bisnis anda :

1. Ciptakan persona pembeli

2. Prioritaskan ponsel terlebih dahulu

3. Konsisten

4. Bangun kehadiran sosial Anda

5. Integrasikan semua saluran

6. Tingkatkan interaksi pelanggan

7. Fokus pada SMS dan personalisasi pemasaran email

8. Dorong opsi swalayan

9. Buat konten pendidikan

10. Memberikan informasi stok secara real-time dan terupdate

Pemasaran omnichannel mungkin tampak luar biasa. Anda perlu menggabungkan keahlian pemasaran dan teknis serta menyaring sejumlah besar data untuk mendorong strategi yang sukses. Namun, tetap menciptakan pengalaman pelanggan yang positif dan mendorong loyalitas pelanggan.

Apabila anda ingin membangun strategi omnichannel untuk bisnis anda. Namun, masih belum tahu cara untuk memulainya. Jangan khawatir, Eva siap membantu anda membangun pemasaran omnichannel untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengembangkan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *