Cara Inovatif Untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Omnichannel

Pelanggan menuntut dan mengharapkan merek untuk memberikan pengalaman berkualitas yang konsisten terlepas dari saluran yang digunakan untuk terlibat dengan bisnis anda. Harapan ini diproyeksikan tumbuh sebagai saluran baru, seperti media sosial. Baru-baru ini terdapat layanan pelanggan yang siap menggantikan atribut harga dan produk sebagai pembeda utama di antara merek.

Ekspektasi pelanggan terus berkembang, khususnya di dunia digital saat ini. Karena pelanggan sekarang memiliki berbagai cara untuk berkomunikasi dengan bisnis anda, penting bagi anda untuk menawarkan pengalaman yang konsisten dan berkualitas di semua saluran yang para pelanggan gunakan. Berikut  ini akan menjelaskan Cara Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Omnichannel.

  1. Desentralisasi pengiriman layanan pelanggan

Sejalan dengan peningkatan konstan jumlah saluran untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (web, call center, live chat, media sosial, dan lain-lain) yang dapat hanya dengan menggunakan satu saluran saja.

Dan untuk pengalaman pelanggan, ini memungkinkan untuk memiliki beberapa saluran. Lalu, dikombinasikan dengan teknologi digital dan pendekatan lokal, maka ini menciptakan solusi omnichannel yang secara efisien melayani pelanggan saat mereka sangat membutuhkannya, sehingga menciptakan solusi omnichannel yang mulus.

  2. Pahami niat pelanggan di omnichannel

Dengan adanya strategi omnichannel, anda dapat memudahkan pelanggan untuk mendapatkan produk dan layanan dari saluran mana pun yang mereka sukai. Apabila anda tidak mengetahui saluran apa yang digunakan pelanggan anda, tidak akan mudah untuk mengintegrasikannya ke dalam strategi omnichannel.

Langkah penting dalam mengembangkan strategi omnichannel ialah memahami terlebih dahulu, dengan tepat di mana pelanggan anda menggunakan saluran untuk setiap pembelian mereka saat ingin berinteraksi dengan bisnis anda.

  3. Personalisasikan pengalaman

Meskipun personalisasi mungkin tampak seperti kata kunci yang sudah ketinggalan zaman dan terlalu sering digunakan. Namun, personalisasi tetap menjadi tren penting karena setiap bisnis menemukan cara untuk tetap tampil menonjol di dunia digital.

Solusi digital seperti CRM telah membuat personalisasi lebih mudah dari sebelumnya, tetapi anda perlu memastikan kembali bahwa manusia tidak hilang dan setiap pelanggan diperlakukan secara individual.

Personalisasi tidak lagi hanya tentang menargetkan iklan berdasarkan riwayat pembelian dan perilaku pelanggan, ini tentang melampaui ekspektasi sebelumnya untuk setiap individu dan memenuhi kebutuhan unik para pelanggan.

• Beberapa cara sebuah bisnis menggabungkan personalisasi ke dalam layanan pelanggan, seperti :

• Mengirim pesan otomatis dengan awalan salam dan akhiran terima kasih kepada pelanggan atas loyalitas mereka terhadap merek.

• Menawarkan saran cross-selling yang disesuaikan dengan preferensi masing-masing pelanggan.

• Memastikan bahwa setiap pelanggan menerima tanggapan dari orang sungguhan dalam waktu 24 jam.

Dukungan yang dipersonalisasi sangat berdampak ketika pelanggan merasa diakui. Dengan meluangkan waktu untuk mengenal mereka secara pribadi, merek dapat menciptakan hubungan yang lebih bermakna.

  4. Prioritaskan hubungan pelanggan Anda yang sudah ada

Sebuah bisnis atau perusahaan perlu memprioritaskan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan yang akan menghasilkan koneksi merek yang kuat. Ini mampu mendorong pelanggan untuk menjadi pendukung dan merekomendasikan produk dan layanan anda. Hubungan ini menciptakan nilai karena dapat membedakan dari setiap kompetitor. Jika suatu merek berhasil menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggannya, itu akan mempertahankan keunggulan kompetitif.

Mengembangkan hubungan pelanggan yang kuat mampu mendorong advokasi tidak pernah lebih penting. Dengan peningkatan saluran digital, pelanggan kini dapat menjangkau bisnis jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Ini berarti bahwa bisnis harus semakin aktif dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan.

  5. Berinvestasi dalam platform manajemen hubungan pelanggan

Customer Relationship Management (CRM) atau Sistem manajemen hubungan pelanggan, sangat penting untuk keberhasilan strategi pengalaman pelanggan anda. Terlebih, CRM membantu anda dan bisnis ritel anda agar fokus untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Maka ini sebagai inti dari strategi menghadapi pelanggan. Tanpa mengelola pelanggan dengan baik, maka kemungkinan besar akan kehilangan peluang. Teknologi CRM berbasis Kecerdasan Buatan (AI), mampu mengumpulkan profil pelanggan dengan semua informasi di satu tempat. Pembuatan profil pelanggan bisa membantu anda menggunakan analitik prediktif untuk memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan. Anda kemudian dapat memberi mereka produk dan layanan yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan para pelanggan.

Maka dari itu gunakan Eva! Karena dengan begitu anda bisa mendapatkan apa yang anda butuhkan untuk bisnis anda. Terdapat banyak fitur pelayanan pelanggan yang sangat menguntungkan, termasuk omnichannel itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *