Menggunakan Dukungan Pelanggan untuk Membangun Loyalitas

Dukungan pelanggan dapat menjadi pengubah permainan yang cukup besar untuk bisnis Anda, perbedaan sekecil apa pun dapat membuat perbedaan antara memiliki pelanggan satu kali dan memiliki pelanggan seumur hidup. Terdapat beberapa jenis inti loyalitas yang dapat dimiliki pelanggan terhadap bisnis dan cara memanfaatkan alat dan prinsip dukungan pelanggan yang kuat untuk meningkatkan loyalitas yang diinginkan dan mendapatkan keunggulan kompetitif yang menentukan keunggulan dari masing-masing. 

Jenis Loyalitas Pelanggan

Dia malah menyarankan agar bisnis memilih untuk fokus pada membangun loyalitas pelanggan. Dia memecah loyalitas pelanggan menjadi tiga kategori berbeda.

  1. Loyalitas Kebiasaan (Hand Driven)
  2. Loyalitas Transaksional (Head-Driven)
  3. Kesetiaan Emosional  (Heart Driven)

Loyalitas Kebiasaan (Hand Driven)

Seperti namanya, loyalitas kebiasaan didasarkan pada pola dan gaya hidup reguler pelanggan. Seringkali, pilihan-pilihan ini didasarkan pada kenyamanan, mungkin bukan yang paling logis atau rasional, dan seringkali memiliki sedikit muatan emosional. Itu memilih toko terdekat dengan rumah, misalnya, atau merek yang biasa mereka beli karena itulah yang paling sering tersedia. Pelanggan ini menawarkan loyalitas paling sedikit terhadap suatu merek.

Loyalitas Transaksional (Head-Driven)

Loyalitas transaksional lebih berpusat pada pikiran, pendekatan rasional dan logis untuk membuat keputusan. Individu-individu ini menentukan loyalitas mereka berdasarkan keuntungan apa yang ditawarkan dan keuntungan atau kerugian apa yang ditawarkan masing-masing perusahaan. Mereka akan menekankan hal-hal seperti program loyalitas, cashback, dan diskon. Pelanggan ini seringkali setia sampai mereka menemukan alternatif yang menawarkan manfaat yang lebih baik.

Kesetiaan Emosional (Heart Driven)

Jenis loyalitas pelanggan yang terakhir adalah emosional atau penggerak hati, dimana pelanggan yang paling setia adalah. Pelanggan ini memilih merek karena keselarasan dengan nilai-nilai mereka dan ikatan emosional yang tercipta antara mereka dan merek. Hal ini dapat dilihat dengan merek yang telah menciptakan basis loyalitas yang kuat dan terus menawarkan pengalaman yang unik dan menarik kepada pelanggan. Pelanggan dengan loyalitas emosional tidak hanya akan bertahan dengan merek seumur hidup mereka, tetapi mereka akan sering secara aktif mempromosikannya ke teman dan keluarga secara teratur.

Maka untuk dapat membangun loyalitas dari pelanggan, gunakan Eva yang di dalamnya terdapat banyak fitur-fitur layanan pelanggan yang mampu meningkatkan loyalitas juga penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *