Manfaat Fitur Live Chat Pada Bisnis Anda

Banyaknya keluhan pelanggan dari berbelanja online, salah satunya karena kesulitannya menghubungi atau mengajukan pertanyaan kepada toko online untuk mendapatkan jawaban secara mendatail. Agar pelanggan tidak beralih ke klompetitor,  anda perlu menggunakan fitur live chat sebagai solusi dalam membantu bisnis anda.

Fitur live chat, salah satu kegunaannya ialah untuk lebih memudahkan pelanggan dalam menjangkau bisnis anda. Maka akan berdampak baik terhadap kepuasan mereka saat berbelanja.

Fitur live chat memberikan banyak manfaat, bukan hanya kepada bisnis anda tapi juga kepada para pelanggan. Berikut ini beberapa manfaat dari live chat pada bisnis anda.

  •  Meningkatkan Kredibilitas

Keberadaan fitur live chat pada website atau toko online anda, menandakan bahwa mereka serius dalam memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan. Dengan respon yang diberikan oleh customer service (cs) yang cepat dan tepat dalam membantu menaganinya.

Hal ini akan sangat mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang anda jalankan. Terlebih jika bisnis yang sedang anda jalani ini masih tergolong baru dimulai, sehingga belum memiliki banyak testimoni yang dapat meyakinkan pelanggan untuk membelinya.

Tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan saja. Namun dengan menggunakan live chat anda bisa meningkatkan kredibilitas bisnis yang sedang anda jalani. Bisnis anda akan dinilai cukup terbuka terhadap komentar dan masukan yang diberikan. Respon yang cepat dan tepat juga menjadi hal positif tersendiri bagi pelanggan.

  • Meningkatkan Penjualan

Fitur live chat juga akan sangat membantu untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. Dengan cara meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Hal ini dikarenakan, beberapa calon pelanggan seringkali merasa ragu saat akan melakukan pembelian terhadap sebuah produk ataupun jasa.

Nah, fitur live chat ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Customer service (CS) yang bertugas dapat memberikan informasi mengenai kelebihan produk juga detail, yang akan dibeli oleh pelanggan. Dengan begitu, minat pelanggan untuk melakukan transaksi pun semakin kuat.

Fakta bahwa pelanggan selalu pergi ketika proses membeli, karena mereka bingung atau ketika memiliki pertanyaan yang tidak mendapatkan jawaban. Live chat mambantu anda mengatasi masalah ini dan dapat menjamin bahwa keranjang belanja pelanggan sampai pada proses pembayaran.

Manfaat lain yang anda dapatkan dengan menggunakan fitur live chat ialah peningkatan penjualan. Dengan menggunakan live chat anda dapat melakukan negosiasi sekaligus membujuk calon pelanggan untuk melakukan pembelian.

Selain itu, jika ada pelanggan yang ragu terhadap produk atau jasa, anda dapat langsung meyakinkannya. Dengan secara tidak langsung anda melakukan pendorongan terhadap pelanggan tersebut untuk melakukan pembelian.

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh e-Digital Customer Service Benchmark dengan melibatkan 2000 pelanggan, menyatakan bahwa tingkat kepuasan pelanggan paling banyak dimiliki oleh bisnis yang menggunakan fitur live chat dalam situs web-nya dengan persentase sebanyak 73%. Sedangkan bisnis yang hanya menggunakan surel atau telepon sebagai media komunikasi mendapatkan angka 61% dan 44% saja.

Dari sini terlihat bahwa pelanggan sangat cocok menggunakana live chat karena menyukai kepraktisan dalam memudahkan komunikasi antara anda dengan calon pelanggan anda.

Selain memberikan kesan pelayanan yang cepat dan tepat, live chat juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Jika komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli lancar, pasti para pelanggan akan merasa nyaman.

Akan timbulnya rasa nyaman, maka loyalitas pelanggan juga akan semakin meningkat. Bahkan bisa akan menjadi langganan yang selalu menunggu produk baru dari bisnis anda. Tentu hal ini akan berdampak cukup besar bagi peningkatan penjualan bisnis anda.

  • Meminimalisir Pain Point

Pain point merupakan sebuah istilah pada masalah yang kerap dihadapi oleh pelanggan dan dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis bagi para pelaku bisnis. Dapat mengetahui pokok permasalahan pelanggan saat berbelanja produk anda, maka perlu identifikasi terlebih dahulu secara mendetail. Tujuannya agar anda dapat memberikan solusi paling tepat terhadap permasalah yang dialami oleh pelanggan tersebut. 

Menggunakan email atau telepon sebagai  media untuk berkomunikasi akan membuat pelanggan anda mengalami kesulitan untuk terhubung pada bisnis anda. Sedangkan dengan fitur live chat yang terdapat pada website, pelanggan akan jauh lebih mudah menjangkaunya dan menyampaikan permasalahan yang dialami dengan lebih efisien dan detail.

Live chat memberikan akses secara langsung kepada pain points pelanggan. Ketika pelanggan menggunakan live chat, mereka akan selalu memastikan untuk mendapat jaminan bahwa produk yang ditawarkan akan berfungsi seperti yang dijanjikan. Atau mungkin, mereka akan mendapatkan diskon sesuai keinginan mereka. Plus, ketika pegawai live chat berbincang dengan pelanggan, mereka dapat mencari cara untuk meningkatkan kualitas produk anda.

  • Point Plus dari Kompetitor

Meski terdapat banyak bisnis yang memiliki website untuk memasarkan produknya. Namun, baru sedikit yang menggunakan fitur live chat pada situs web mereka. Padahal seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fitur live chat memiliki peran yang cukup krusial karena dapat mempermudah akses komunikasi pelanggan dengan bisnis anda.

Jika sedikitnya website kompetitor yang tidak menggunakan fitur live chat ini. Anda bisa menjadi salah satu orang yang mulai menggunakannya. Dengan demikian, pelanggan menganggap bahwa website bisnis anda memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh kompetitor lain. Terlebih fitur live chat dapat melayani selama 24 jam. Sehingga pelanggan dapat menghubungi anda kapan pun saat mereka membutuhkan bantuan. 

  • Mengurangi Biaya Oprasional

Sangat jelas perbedaan antara fitu live chat dengan layanan telepon adalah media yang digunakan. Jika anda menggunakan pelayanan lewat telepon, anda harus siap dikenai biaya listrik ataupun pulsa yang berkaitan dengan perangkat tersebut. Sedangkan fitur live chat yang bisa anda pasang pada website tidak mengeluarkan banyak biaya dalam operasionalnya. Karena selain dapat memangkas pengeluaran yang berkaitan dengan telepon juga menghemat waktu pegawai.

Selain itu, dengan menggunakan fitur live chat untuk berkomunikasi dengan pelanggan maka akan meningkatkan efisiensi. Mengingat setiap pegawai dapat meng-handle atau menangani beberapa chat sekaligus tanpa harus terganggu. Sedangkan untuk telepon, satu pegawai hanya dapat menangani satu pelanggan sampai permasalahan yang diajukan selesai teratasi.

Itulah beberapa manfaat fitur Live Chat untuk website atau toko online, anda dapat menggunakan fitur live chat ini pada toko online yang anda miliki, juga pada Website.

Dengan menggunakan fitur ini, akan memudah anda menjalin komunikasi dan bernegosiasi dengan calon pelanggan. Selain itu, anda juga bisa menyaring komentar spam, tak pantas, dan mendapatkan pembelian potensial.

Hal ini bukan hanya akan meningkatkan dari keseluruhan proses, tapi juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis anda. Maka tunggu apa lagi? Segara gunakan fitur live chat di Eva.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *