Apa saja Fitur Whatsapp API?

Sebelum menggunakan Whatsapp sebagai alat untuk mengembangakn bisnis anda. Ada yang perlu anda ketahui, tentang apa saja fitur yang terdapat di Whatsapp API.

  • Profil Bisnis

Dengan adannya fitur profil bisnis, anda dapat memberikan informasi kepada para pelanggan anda tentang bisnis anda. Seperti, nama toko atau bisnis, deskripsi, alamat, kategori dari bisnis, katalog, jam kerja dan sebagainya.  Ini salah satu fitur basic yang dapat di temukan.

  • Pesan Otomatis

Fitur yang dapat meminimalisir waktu, karena dengan adanya pesan otomatis anda tidak perlu terus standbay setiap saat hanya untuk membalas pesan dari para pelanggan anda secara manual. Hanya dengan mengaktifkan fitur pesan otomatis, anda sudah dapat mengirimkan balasan secara otomatis kepada para pelanggan anda dalam waktu yang dapat di tentukan dan di atur sebelumnya. Ada 3 fitur pesan otomatis yang dapat anda gunakan, yaitu :

  1. Greeating Message : Anda dapat mengunakannya untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru dengan melalui pesan otomatis.
  2. Away Message : Anda dapat membalas pesan dari pelanggan secara otomatis walaupun sedang sibuk.
  3. Quick Replies : anda dapat membalas pesan dari pelanggan walaupun dengan pertanyaan yang sama.
  4. Katalog

Fitur katalog ini tampil di bagian profil whatsapp business anda. Namun dapat menambah katalog dari produk-produk anda. Sehingga calon pelanggan anda dapat melihat produk apa saja yang anda tawarkan kepada mereka melalui katalog.

  • Centang Hijau

Centang hijau adalah sebagai tanda bahwa akun whatsapp anda telah terverifikasi. Telah terverifikasinya akun atau mendapatkan centang hijau yang terletask di sebelah nama profil bisnis anda, akan sangat berdampak baik dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis anda juga meningkatkan kredibilitas bisnis anda.

  • Chatbot

Sedikit berbeda dengan pesan otomatis, chatbot ini dapat mengarahkan pelanggan anda pada tujuan tertentu dengan melalui langkah-langkah yang telah anda atur sebelumnya. Seperti proses pembelian, transaksi pembayaran, sampai proses penerimaan barang dan sebaginya.

  • Multi –User

Whatsapp Business adalah multi-user atau dapat anda akses di berbagai davice, seperti di smartphone, tablet, atau laptop dan komputer. Dan sangat memungkinksn akun dapat di akses oleh lebih dari satu orang, di berbagai tempat dan device yang berbeda.

  • Alokasi Agent

Yang dimaksud alokasi agent ialah anda dapat mengatur pembagian pesan dengan merata kepada masing-masing agent atau admin anda. Misalnya, pada setiap harinya anda akan mendapatkan 30 pesan yang masuk, maka setiap agent atau admin akan menerima masing-masing sebanyak 10 pesan untuk mereka layani.

  • Jam Kerja

Fitur ini dapat mengatur jadwal jam kerja pada bisnis anda, juga dapat memunculkan status online jika sedang jam kerja dan offline jika jam kerja sudah berakhir. Anda akan tetap bisa merespon  pesan dari pelanggan walaupun sudah offline yang di respon oleh sistem secara otomatis dan nanti akan di balas pada saat sudah jam kerja.

  • Whatsapp Blast

Mengirimkan pesan sekaligus kepada banyak pelanggan atau calon pelanggan anda secara massal dengan template yang sudah anda atur pada sebelumnya. Hanya dengan menggunakan fitur dari whatsapp blast.

  • Terintregasi dengan Aplikasi Lainnya

Whatsapp Business API, anda dapat menghubungkan banyak aplikasi. Seperti Instagram, Facebook, Line, Telegram, kedalam whatsapp business API anda. Membuat anda dapat merespon pelanggan dari berbagai saluran dalam waktu yang cukup singkat, hanya dengan satu dashboard.

  • Statistik

Dengan statistik anda dapat melihat laporan dari setiap kegiatan dan statistik secara mendetail untuk memantau dan memonitoring secara real time.

Banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan pada Whatsapp Business API ini, jadi tunggu apalagi? Cepat daftarkan bisnis anda untuk mendapatkan banyak fitur yang terdapat di whatsapp business API dengan Eva.id akan lebih mudah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *