Tips Meningkatkan Layanan Pelanggan dengan Fitur Live Chat

Perkembangan dalam meningkatkan pelayanan dan juga performa dari customer service (CS) akan sangat memengaruhi tingkat kepuasan dari pelanggan. mau bagaimanapun juga, pelayanan baik yang akan menjadi kunci dalam berhadapan langsung dengan pelanggan. Salah satu cara meningkatkan customer service (CS) dengan menggunakan fitur live chat yang biasanya terdapat pada website. Meskipun informasi dari produk sudah lengakap dalam website. Namun, biasanya pelanggan akan lebih menyukai pengalaman berinteraksi langsung dengan customer service (CS). Selain itu, fitur live chat atau fitur pelayanan lainnya dapat meningkatkan penjualan, keuntungan, hingga kesetiaan pelanggan mencapai 79%.  

Karena fitur live chat tidak akan membuat repot pelanggan. Pelanggan bisa langsung mengajukan pertanyaan melalui kolom percakapan yang biasanya terletak di bawah sebelah kanan website. Maka dari, ada beberapa tips yang dapat digunakan agar pelanggan merasa puas dalam meningkatkan layanan live chat. Sebagai berikut :

1. Meningkatkan Admin Customer Service

Dapat memungkinkan pelanggan untuk menghubungi bisnis anda secara langsung melalui kotak pesan yang biasanya terletak di bagian bawah kanan website ialah fitur live chat. Live chat juga bisa ditambahkan fitur untuk membalas pesan otomatis dengan sapaan atau penawaran bantuan yang proaktif.   

2. Perhatikan Jam Aktif Pelanggan

Setiap produk atau bisnis pasti memiliki sasaran pasar yang berbeda-beda. Kenali jam-jam aktif pelanggan sehari-hari. Apabila sering terjadi penumpukan pesan. Ketika hal ini terjadi, selalu usahakan untuk memberikan respon yang positif. Termasuk memberikan pengertian bahwa pesan yang masuk sedang tinggi sehingga membutuhkan waktu untuk membalasnya.

3. Menggunakan Bahasa yang Komunikatif

Anda harus tetap menjawabnya dengan bahasa yang komunikatif terdapat beberapa pilihan kata yang dapat memengerahu nada bicara sebuah pesan,  walaupun akan ada banyak pertanyaan yang sama dari puluhan atau ratusan pelanggan. Oleh karena itu, bahasa komunikatif dalam live chat perlu diperhatikan.

Dengan begitu, membuat pelanggan tidak akan merasa sedang berinteraksi dengan bot atau balasan otomatis. Pesan otomatis ini biasanya hanya berlaku pada awal percakapan saja. Cara membalas chat yang komunikatif tentu sangat berbeda dengan menjawab telepon.

4. Arahkan Pelanggan pada Beberapa Pilihan Akses Informasi

Selain digunakan untuk mempercepat pelayanan kepada pelanggan, live chat juga dapat digunakan sebagai media pemasaran akun sosial media bisnis yang lain. Anda bisa mengarahkan pelanggan untuk mengikuti atau mengecek akun sosial media bisnis yang juga aktif. Seperti, dengan memberikan nomor interaktif WhatsApp Business API, Instagam, Facebook, dan online shop lainnya. semua media yang digunakan bisa masuk dalam satu dashboard yang sama maka akan lebih memudahkan.

5. Alihkan Chat kepada yang Lebih Ahli

Wajar jika terdapat beberapa hal tidak dikuasai, dengan beragamnya pertanyaan dan keluhan yang diberikan pelanggan. Jika terjadi hal ini, jangan ragu untuk mengalihkan chat tersebut kepada customer service atau admin lain yang lebih menguasai. Namun harus memastikan bahwa pelanggan mengetahui tentang pengalihan customer service atau admin. Dengan begitu, proses pelayanan tidak akan memakan waktu lama dan dapat segera diatasi. Kepuasan pelanggan pun dapat meningkat.

Tentunya para pelaku bisnis akan semakin sadar, karena membutuhkan fitur live chat ini bagi kepuasan pelanggan. Pendekatan yang digunakan kepada pelanggan pun akan semakin luas dan beragam. Tertarik menggunakanan fitur live chat? Segera cek website dari Eva.id, anda akan menemukan apa yang anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *