Kelebihan dari Whatsapp Business API

Penting untuk anda ketahui bahwa sebenarnya aplikasi Whatsapp Business API Pada dasarnya adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjalin komunikasi baik antara pelanggan dan pelaku bisnis. Pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Whatsapp Business. Karena, aplikasi ini memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang ada.

Dengan menggunakan Whatsapp Business API ini, anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih mudah berkat banyaknya kelebihan yang diberikan oleh WhatsApp Business API, yaitu:

Terhubung dengan Sistem lain

Whatsapp Business API dapat terintegrasi dengan sistem CRM atau customer service. Dikarenakan dapat di intregasikan secara otomatis dengan sistem lainnya, maka anda dapat lebih mudah mengakses data-data yang diperlukan untuk melayani pelanggan secara maksimal. Selain itu, integrasi ini juga membuat semua pesan masuk dari pelanggan dapat dibalas dengan cepat, karena langsung tertuju ke anda.

Komunikasi Secara Dua Arah

Whatsapp biasanya digunakan sebagai aplikasi obrolan sehari-hari. Namun, sekarang banyak juga digunakan untuk berbisnis, antara pelaku usaha untuk bisa terlibat percakapan dengan pelanggan .

Komunikasi yang terjadi antara bisnis anda dengan pelanggan terjadi secara dua arah (real time), pelanggan bisa langsung berintraksi untuk melakukan aktivitas belanja seperti percakapan langsung melalui voice note (VN) atau telepon, agar percakapan pun menjadi lebih efisien dan juga mudah dipahami. Pelanggan dapat bertanya tentang produk anda melalui WhatsApp Business API yang ada di media sosial atau website bisnis anda. Untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pelanggan. Terutama pertanyaan yang sifatnya sering sekali ditanyakan.

Customer Experience yang Menyenangkan

Berkat transaksi yang berlangsung secara cepat dan tidak di perumit, dari mulai tahap memilih produk dampai menyelesaikan transaksi dengan berbagai pilihan metode pembayaran sekarang metode pembayaran pun lebih mudah, dapat dilakukan dengan m-bangking atau pembayaran digital lainnya. Juga adanya berbagai fitur canggih dalam Whatsapp Business API, anda pun dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan kepada pelanggan. Hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri yang belum tentu dimiliki oleh kompetitor anda.

Interaksi baik dengan Pelanggan

Bila WhatsApp yang terintegrasi dengan chatbot, maka anda dapat berkomunikasi secara personal dan melayani pelanggan selama 24 jam penuh. WhatsApp yang terverifikasi dapat mendorong kredibilitas pelanggan karena memungkinkan anda untuk menyimpan nomor kontak, alamat email, website, lokasi toko dan informasi penting lainnya di bagian profil demi membangun image bisnis anda . Ditambah, metode belanja ini akan lebih memudahkan pelanggan dengan adanya dukungan visual berupa foto, video, dan dokumen. Visual ini dapat menambahkan kesan daya tarik untuk detail produk yang ditampilkan.

Bagi pelanggan, adanya rincian produk dalam bentuk visual dapat memudahkan untuk melakukan proses pemilihan produk yang akan dibeli.

Keamanan yang Terjamin

Hal yang tentunya sangat penting di dunia digital pada saat ini adalah keamanan. Dengan banyaknya kasus yang terjadi mengenai keamanan suatu aplikasi yang menimbulkan bocornya data pribadi, karena keamanan suatu elemen penting bagi pelanggan. Berkat adanya sistem end-to-end encryption dan two-factor-authentication (2FA), percakapan anda dengan pelanggan pun akan sangat terjamin keamanannya. Keamanan ini harus dijaga secara maksimal agar pelanggan bisa belanja dengan tenang tanpa memikirkan faktor keamanan. Tidak ada orang lain dapat mengaksesnya, agar risiko penipuan maupun kebocoran data akan lebih minim.

Pesan Lebih Cepat Diterima dan Dibaca

Pesan balasan dari anda akan terkirim kepada pelanggan secara otomatis pada waktu yang sama. Selain itu, anda dapat membuat template pesan balasan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan. Setelah itu, chatbot akan menjawabnya secara otomatis. Penundaan pengiriman pesan akan terjadi ketika koneksi internet terputus, lalu ketika terhubung kembali ke internet akan langsung diterima.

Di samping cepat diterima, pesan anda juga lebih cepat dibaca. Ini karena rata-rata pengguna Whatsapp membuka aplikasi mereka lebih dari 23 kali dan dibaca dalam 5 menit. Hal ini membuat proses komunikasi anda dengan pelanggan menjadi lebih lancar dan mereka akan puas terhadap pelayanan yang anda berikan.

Pelayanan Sangat Optimal

WhatsApp Business API memiliki kelebihan dalam memberikan analisis canggih terhadap percakapan untuk melacak kinerja, percakapan masuk, hingga seberapa cepat respon percakapan yang diberikan. Semua data tersebut akan berperan penting dalam memberikan pelayanan agar lebih optimal.

Itulah beberapa kelebihan yang diberikan WhatsApp Business API bagi bisnis anda. Dapatkan segera WhatsApp Business API melalui Eva.id untuk meningkatkan pengalaman komunikasi yang baik bersama pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *