Chatbot

Dalam dunia bisnis yang serba online sekarang ini, banyak pebisnis UMKM maupun perusahaan besar memanfaatkan Chatbot sebagai langkah praktis untuk merespon pelanggan. Adanya robot kecil ini sangat berpengaruh di dunia yang serba canggih, tak diragukan lagi Chatbot telah membawa perdagangan online menjadi lebih hemat hingga ratusan ribu dollar untuk biaya SDM layanan pelanggan.

Kecanggihan Chatbot menjadikan semakin banyak pebisnis yang ikut membuat Chatbot dalam penanganan pelanggan dan memperluas jaringan perdagangan. Berbagai layanan aplikasi komunikasi telah digunakan, contohnya WhatsApp. Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak penjelasan berikut.

Apa itu Chatbot?

Chatbot atau disebut juga Chatterbot merupakan sebuah program computer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara teks maupun audio. Chatbot yang sering dinamakan sebagai Asisten Virtual kini telah berkembang dan banyak digunakan perusahaan untuk membantu call center.

Apa itu Chatbot WhatsApp?

Chatbot WA (WhatsApp) adalah salahsatu implementasi perangkat lunak otomatis yang telah didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan berjalan pada platform chat WhatsApp. Sistem kerja yang dilakukan yaitu seperti halnya melakukan obrolan dengan seseorang namun dijalankan dengan chatbot.

Chatbot WA membantu perusahaan mengelola respon ataupun masalah pelanggan dengan cepat dan lebih efisien. Tak hanya itu saja manfaat dari Chatbot WA, berikut manfaat lainnya.

8 Manfaat Chatbot WhatsApp

Chatbot WA (WhatsApp) adalah salahsatu implementasi perangkat lunak otomatis yang telah didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan berjalan pada platform chat WhatsApp. Sistem kerja yang dilakukan yaitu seperti halnya melakukan obrolan dengan seseorang namun dijalankan dengan chatbot.

Chatbot WA membantu perusahaan mengelola respon ataupun masalah pelanggan dengan cepat dan lebih efisien. Tak hanya itu saja manfaat dari Chatbot WA, berikut manfaat lainnya.

1. Hemat Biaya

Adanya fasilitas Chatbot, maka pekerjaan sebagai customer service akan berkurang, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya SDM.

2. Layanan 24 Jam

Chatbot akan bekerja selama 24 Jam atau live chat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menerima balasan.

3. Popular

WhatsApp yang menjadi platform komunikasi utama menjadikan proses pendekatan pada pelanggan lebih mudah dibanding platform lain seperti email. Mengingat angka keaktifan pengguna WA memiliki kemungkinan lebih besar untuk dibuka dan direspon.

4. Broadcast dan Blast

Perusahaan dapat dengan mudah mengirimkan pesan serentak pada pelanggan dengan isi yang sama melalui WhatsApp Broadcast atau Blast. Isi pesan tersebut dapat berupa diskon, promo, promosi produk, informasi perusahaan/toko dan sebagainya.

5. Otomatisasi FAQ

Perusahaan dapat mengirimkan pesan apasaja secara otomatis sesuai dengan rata rata pertanyaan/aduan pelanggan. Adanya fasilitas ini, pelanggan tidak perlu membaca FAQ secara menyeluruh sehingga pelanggan dapat puas dengan layanan customer service.

6. Personalisasi Pesan

Perusahaan dapat mengatur gaya tulisan, pemilihan bahasa, hingga susunan pesan yang sesuai dengan branding perusahaan.

7. Fitur end-to-end encryption

Fitur ini dapat melindungi kerahasiaan dan keamanan pesan yang dikirim, sehingga pelanggan dapat melakukan tanya jawab dan berbelanja yang aman dan nyaman.

8. Mengumpulkan Feedback

Setelah melakukan proses belanja ataupun aduan dengan Chatbot, perusahaan akan lebih praktis untuk mengumpulkan feedback pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pesan otomatis berupa rating, komentar maupun foto produk.

Itulah pengertian dan manfaat digunakannya Chatbot WhatsApp yang dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Tentunya, pengusaha tetap perlu mempertimbangkan berbagai hal sebelum menggunakan Chatbot WhatsApp supaya dapat memaksimalkan kinerja teknologi ini untuk menjalankan bisnis.

By eva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *