chatbot eva

Banyaknya platform komunikasi online menjadikan akses komunikasi semakin mudah dan cepat. Beragam aplikasi komunikasi mulai mengembangkan fitur sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tren aplikasi yangdigunakan pun sangat beragam, mulai dari BBM, Line, WhatsApp hingga yang terbaru yaitu Telegram.

Meskipun belum digunakana sebagai platform komunikasi utama, telegram mampu menarik lebih dari lima ratus juta pengguna smart phone. Masyarakat Indonesia pun kini sudah banyak yang menggunakan telegram karena fitur yang ditawarkannya sangat bermanfaat. Terlebih untuk pelaku bisnis online, untuk itu yuk cek 7 manfaat bot telegram untuk bisnis.

artikel eva chatbot

Apa itu Bot Telegram?

Manfaat Bot Telegram dalam Bisnis

Telegram diangap mampu digunakan para pebisnis untuk memasarkan bisnisnya. Selain gratis dan lebih efisien, masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh jika menggunakan bot telegram untuk bisnis loh, berikut penjelasannya.

1. Bot Telegram

Bot telegram akan memungkinkan pekerjaan bisnis kamu menjadi lebih cepat dan efisien. Cara kerja bot telegram yang cepat dalam merepon menjadikan pelanggan tidak perlu menunggu balasan disaat menumpuknya permintaan pelanggan. Selain itu, kamu juga dapat melakukan beragai aktivitas lain yang semuanya akan dilakukan oleh robot ini, yaitu penjadwalan, searching, pengingat/reminder, broadcasting dan lain sebagainya kepada pelanggan.

2. Fitur Lengkap

Secara garis besar, fitur yang diberikan Telegram sama dengan WhatsApp, akan tetapi Telegram memiliki fitur yang lebih lengkap. Dalam telegram, kamu dapat membuat grup tanpa batas anggota didalamnya. Selain itu kamu juga dapat membuat Channel khusus untuk bisnis yang dapat diakses oleh seluruh pengguna telegram. Beragam stiker menarik yang diberikan telegram dapat membantu promosi bisnis kamu loh.

3. Gratis dan Tanpa Iklan

Aplikasi telegram ini dapat diunduh melalui Play Store, Apps Store maupun platform lain secara gratis. Fasilitas ini dapat menghemat kamu dalam melakukan pemasaran bisnis dan layanan pelanggan. Telegram juga tidak akan menampilkan iklan pada saat aplikasi dijalankan sehingga akan menghemat kuota. Demi kenyamanan pengguna, telegram menyediakan fasilitas lapor spam jika terdapat anggota grup yang dengan sengaja menyebarkan spam dan mengganggu.

4. Cross Platform

Telegram telah menggunakan konsep cloud-base yang menjadikan kita nyaman pada saat membukanya dengan tampilan desktop atau PC. Cross platform ini dapat digunakan saat kamu ingin membuka akun telegram pada berbagai device, contohnya satu akun untuk dibuka pada smartphone dan laptop maka chat yang ada akan tetap sama.

Berbeda dengan WhatsApp yang keduanya harus aktif secara bersamaan di keuda device, Telegram memberikan fasilitas tanpa harus mengaktifkan smartphone. Misalnya apabila batre smartphone habis, kamu tetap bisa menjalankan telegram melalui laptop atau computer tanpa kehilangan pesan sebelumnya. Hal ini menjadikan pelaku bisnis semakin mudah dalam melakukan bisnis online.

5. Multi Akun

Jika kamu memiliki lebih dari satu bisnis tak perlu membeli smartphone baru untuk akun telegram bisnis lain. Cukup dengan satu aplikasi telegram kamu dapat menambahkan akun baru, sehingga kamu cukup mengelola berbagai akun tersebut dalam satu device saja.

6. Sangat Digemari

Meskipun pengguna telegram masih belum sebanyak WhatsApp namun dengan berbagi kebutuhan dan manfaat yang diberikan, pengguna telegram diyakini akan terus bertambah. Terlebih sekarang ini banyak sekali pebisnis dan penyedia layanan jasa menggunakan telegram, maka akan semakin banyak pula pengguna telegram yang akan melakukan jual beli atau menikmati suatu jasa.

7. Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Fasilitas yang menjadikan telegram diminati banyak masyarakat yaitu karna mudah terintegrasi dengan aplikasi lain. Banyak masyarakat yang ingin segala sesuatu serba cepat dan instan, fasilitas ini solusinya. Misalnya jika kamu menggunakan aplikasi Instagram sebagai media promosi, maka kamu dapat menggunakan telegram sebagai media pemesanan dan transaksi dengan hanya melakukan integrasi tersebut. Dengan begitu, pembeli akan langsung diarahkan untuk memesan atau bertanya melalui telegram.

 

Sangat bermanfaat bukan telegram untuk bisnis kamu? Yuk manfaatkan telegram sebagai asisten pribadi bisnis kamu sekarang juga. Bot Telegram akan membantumu dalam pelayanan bisnis yang cepat. Tak ingin ribet? Kamu bisa pesan saja ke eva.id dijamin anti ribet.

By eva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *