Pentingnya Umpan Balik Pelanggan Bagi Sebuah Bisnis

Umpan balik pelanggan atau feedback sangatlah penting bagi sebuah bisnis yang berguna sebagai arah utama bagi pertumbuhan bisnis. Guna agar semua yang di lakukan untuk pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka terpenuhi dengan baik. Tidak ad acara yang lebih baik dalam menarik calon pelanggan selain mendapatkan umpan balik yang jujur dari para pelanggan yang memiliki penagalaman baik dari bisnis anda. Berikut alasan kenapa umpan balik atau feedback pelanggan sangatlah baik bagi sebuah bisnis :

  1. Mengetahui hal apa yang perlu ditingkatkan lagi

Umpan balik atau feedback ini memberikan aspek yang perlu di ubah atau di tingkatkan. Tentunya, ini terkait dengan produk, layanan, proses penjualan atau dukungan dan area bisnis lainnya.

Terkadang mungkin anda merasa menyukai apa yang anda berikan terhadap pelanggan dan semuanya anda lakukan dengan tulus. Akan tetapi, ini bisa menyebabkan anda mengabaikan beberapa kekurangan dari bisnia anda tanpa di sadari. Maka dengan adanya umpan balik atau feedback ini, pelanggan akan menjadi cerminan hal-hal yang tidak pernah anda pertimbangkan sebelumnya, seperti dalam hal pengemasan, produk, pelayanan pelanggan, situs web, dan strategi penerapan pada bisnis.

Dengan adanya keterbukaan kepada pelanggan apa yang dapat terlewatkan oleh anda, mampu mereka tunjukan dengan umpan balik atau feedback juga anda dapat dengan mdah mendengar berbagai umpan balik dari mulai pujian hingga kritik.

  1. berkreasi bersama dengan para pelanggan

Ketika anda menjalakan sebuah bisnis, kepuasan pelanggan akan menjadi tujuan utama anda.

Dengan begitu, anda dapat melibatkan pelanggan anda untuk rencana dalam pertumbuhan perusahaan atau bisnis anda, yang mampu memperoleh efek positifnya.

  • Hubungan lebih kuat, apabila anda bisa mendengarkan setiap keluh kesah mereka dengan baik dan menunjukan anda peduli. Maka ketika mereka memiliki hubungan positif dengan anda ataupun merek anda, dengan begitu mereka akan mengarahkan pengalaman yang mereka terima kembali kepada anda.
  • Pahami pelanggan, guna mampu mendorong para pelanggan dan menarik mereka ke merek anda, dengan begitu anda dapat mengetahui cara membujuk mereka untuk mencegah melakukan konversi. Maka, anda mampu meningkatkan resensi dan juga keterlibatan pelanggan.
  • Temukan celah, karena setiap orang yang di ajak bicara tidak semua mau menjadi audiens target anda, namun dengan seiring waktu anda akan memahami celah dan mendapatkan pola yang bisa membantu anda dalam memahami sebagian besar pelanggan anda.
  • Libatkan pelanggan, usahakan untuk melibatkan dalam setiap proses segala hal yang anda lakukan,. Termasuk pada setiap penawaran, yang mampu membantu anda dalam menyesuaikan penawarannya dengan anda. Berupaya untuk meningkatkan lebih banyak penjualan di akhir.
  • Personlisasikan, ini berguna untuk membangun kepercayaan dan juga loyalitas pada merek. Karena dengan begitu anda bukan hanya menjual sebuah prosuk atau layanan akan tetapi juga pengalaman, maka cobalah untuk melihat dari sisi pelanggan anda dengan memberikan bantuan yang mudah.
  1. Meningkatkatkan merek

Seperti pada umunya, hal yang pertama akan dilakukan pelanggan pada saat mencari produk atau layanan ialah dengan mencari tahu dulu feedback atau ulasan dari pelanggan sebelumnya. Dan hampir 90% pelanggan membaca atau mencari dahulu ulasan online sebelum melakukan pembelian maupun mengunjungi sebuah situs web, juga hampir 88% pelanggan mempercayai ulasan, yang hampir sama seperti rekomendasi pribadi.

Yang berarti dengan mengumpulkan umpan balik pelanggan, ini sangatlah menguntungkan bagi bisnis anda. Karena pelanggan seringkali mempublikasikan pendapatnya kedalam bentuk ulasan, testimoni atau referensinya. Opini publik sangatlah kuatdan tidak bisa di remehkan, sering juga disebut dengan kata netizen. Dengan memiliki kerja dari mulut ke mulut dan anda bisa menggunakannya sebagai salah satu strategi dalam proses umpan balik pelanggan anda.

  1. Memungkinkan cross dan up selling

Bukan hanya itu, anda pun mampu menunjukan dengan tepat apa yang hilang atau kurang dari pelanggan anda. Terdapat juga beberapa kasus, dimana bisa menawarkan sesuatu yang secara tidak sadar tidak di ketahui pelanggan. Maka ini akan menjadi kesempatan bagi anda untuk segera dalam melakukan cross-sell atau up-selling dalam memastikan bahwa pelanggan telah menerimanya.

Hingga, apabila pelanggan kebingungan dan tidak tahu cara menemukan item yang sedang di cari sekalipun tersedia, maka ini adalah waktunya untuk anda menganalisis sumber daya yang tersedia dan mampu memperbaikinya. Anda pun bisa mengotomatisasikan kata kunci, target iklan, atau bahkan navigasi pada toko online dan offline anda. Juga temukan apa yang menjadi penyebab transaksi sulit untuk diselesaikan, dan membuat cara agar mereka mampu melakukannya secara mandiri pada setiap tahapan customer journeynya.

Dapatkan fitur atau aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan pada bisnis anda, dengan Eva.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *