Cara Meningkatkan Customer Experience dengan Omnichannel!

Sebelumnya mungkin, ada yang belum mengetahui apa itu omnichannel juga akan terdengar sangat asing. Namun, ada sebagian juga akan terdengar familiar dengan apa itu omnichannel dan apa kegunaannya bagi sebuah bisnis dalam meningkatkan layanan pelanggan.

Pernah melihat sebuah bisnis memiliki banyak platform yang dapat dihubungi, seperti melalui email dan media sosial? Seperti itu contoh sederhananya.

Namun, bagaimana cara untuk meningkatkan Customer Experience melalui omnichannel, sehingga dapat melayani setiap saluran yang disinkronkan satu sama lain atau integritaskan. Pada pengelolaan omnichannel berperan penting dalam meningkatkan pengalaman pada pelanggan.

Jangan Lupa untuk Memetakan Customer Journey

Pentingnya customer journey ialah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memahami dari sudut pandang pelanggan, dan analisa journey meraka pada saat melakukan interaksi dengan suatu produk anda.

Minimal, aware dengan potensi blocker atau bounce dari setiap tahapan customer journey. Sederhananya, coba dari conversion rate. Dengan begitu anda bisa saja mendapat insight baru mengenai apa yang terjadi pada journey pelanggan di halaman keranjang ataupun halaman product page melalui analitik.

Libatkan Stakeholder atau Tim Lain

Anda pasti membutuhkan orang yang ingin terlibat untuk memastikan tidak adanya kebutuhan yang terlewatkan. Maka anda membutuhkan bantuan tim lain, karena tidak mungkin anda bekerja sendiri.

Untuk itu, setiap tim pengelola saluran harus memiliki pemahaman terhadap pelanggan, yang jelas tentang peranannya. Ini adalah bagaian dari strategi omnichannel yang lebih luas lagi, dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang mampu mendorong nilai bisnis pada jangka panjang.

Jangan Lupa untuk Lakukan Personalisasi

Pelanggan layak diperlakukan seperti seorang Raja, sehinggan pentingnya melakukan personalisasi. Karena pelanggan akan lebih suka berbisnis dengan brand yang menggunakan informasi pribadinya untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih relevan.

Salah satu goals utama ialah dengan menjadikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasikan sebagi standar pada brand, tentunya dengan memberikan penawaran yang relevan dan akan meningkatkan kemungkinan dalam berbelanja.

Pastikan Proses Layanan Pelanggan Anda sudah Sesuai

Dalam pengelolaan pelanggan lintas saluran akan sangat kompleks. Namun, tidak perlu terlalu khawatir tentang hal itu karena anda dapat menggunakan chatbot dalam melayani pelanggan dengan melalui omnichannel.

Pastikan anda menggunakan aplikasi omnichannel dengan fitur chatbot yang dapat disesuaikan dengan lintas saluran, untuk dapat memastikan journey pelanggan hingga seluruh saluran terhubung.

Jaga Loyalitas Pelanggan

Banyak cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Menambah pelanggan baru memang akan menguntungka.

Namun jangan lupakan pelanggan lama anda, karena mempertahankan akan lebih susah di bandingkan mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan lama harus tetap terjaga loyalitasnya dengan omnichannel.

Gunakan Aplikasi Omnichannel Terbaik

Terakhir, jangan lupa untuk gunakan aplikasi omnichannel terbaik supaya anda bisa melayani pelanggan lintas saluran dalam satu platform.

Eva.id salah satu penyedia aplikasi omnichannel terbaik juga fitur-fitur menarik yang tentunya akan meningkatkan bisnis anda pada pelayanan pelanggan, dalam menambahnya pendapatan bisnis anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *