Apa itu Ticketing Helpdesk System?

Helpdesk ticketing sistem ialah sistem yang dapat digunakan bisnis untuk melayanai pelanggan dari berbagai saluran dalam satu panel terpadu. Sebagian bisnis menghubungkan customer service ticketing sistem ini dengan beberapa saluran seperti website, live chat, telepon, email, dan lainnya. Bertujuan agar tidak ada tiket yang terlewat atau tumpang tindih dan dapat terselesaikan lebih cepat dengan menggunakan ticket system software ini. Oleh hal itu, tidak akan ada pelanggan yang merasa kecewa karena tidak terlayani dengan baik.

Helpdesk ticketing systemadalah sistem manajemen layanan pelanggan atau customer service lebih baik. Sistem ini mempunyai kemampuan dalam mengenali dan memisahkan jenis permintaan dari  setiap pelanggan yang masuk dari berbagai saluran.

Pemintaan tersebut nantinya diubah menjadi sebuah tiket. Nah, tiket ini lah yang selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh setiap agen hingga pelanggan merasa puas. Dari banyaknya tiket, anda dapat memprioritaskan, melacak dan melakukan follow-up permintaan pelanggan pada satu platform.

Cara Bagaimana Menerapkan Ticketing Helpdesk System pada Bisnis?

Ticketing helpdesk system telah digunakan oleh banyak bisnis dalam meningkatkan pelayanan pelanggan. Berikut beberapa menerapkan customer service ticketing system yang baik untuk bisnis anda:

  • Membangun support system: menyediakan fungsi penelusuran cerdas, FAQ, dan lainnya supaya pelanggan dapat menemukan informasi yang relevan secara mandiri untuk masalahnya.
  • Mengkategorikan tiket: kelompokkan tiket berdasarkan beberapa kriteria dan prioritasnya sehingga dapat menghemat waktu dan mengurangi pekerjaan yang manual. Dan juga membuat otomatisasi yang akan meneruskan tiket ke masing-masing agen atau berdasarkan kriteria tertentu.
  • Menentukan Perjanjian Tingkat Layanan (SLA): karena ini sangat membantu anda dalam menetapkan target serta mengukur kinerja dari agen. Sebelumnya juga pastikan anda mempunyai kapasitas penyimpanan dan agen yang cukup dalam menangani semua permintaan dukungan.
  • Manfaatkan sistem untuk mengelola data: Pelanggan berharap bisnis dapat memahami mereka melalui kontak, informasi atau beberapa riwayat layanan dan produk yang mereka inginkan. Pastikan agen bisa mendapatkan semua informasi tersebut untuk menyelesaikan tiket.
  • Membentuk tim khusus: Anda bisa menyiapkan beberapa tim khusus untuk bertugas menangani ticketing, sehingga mereka bisa lebih fokus mengerjakan tugasnya.
  • Survei kepuasan pelanggan: meminta umpan balik atau feedback dari pelanggan, akan sangat amat membantu anda untuk memahami lebih dalam terkait kebutuhan pelanggan.

Dengan menggunakan ticketing helpdesk system, Anda dapat membuat semua tiket bisnis Anda terpusat dalam satu sistem terpadu. Sehingga dapat memudahkan anda dan tim dalam merespon setiap tiket atau permintaan pelanggan dengan lebih cepat. Eva.id memiliki berbagai fitur sistem yang dapat terintegrasi dengan omnichannel dan Whatsapp API. Maka dengan begitu bisnis anda akan berjalan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *