Apa Saja Fungsi Chatbot Bagi Bisnis

Bagi bisnis, Fitur Chatbot dengan teknologi AI (Kecerdasan Buatan) ini mampu menarik para pelanggan, memberikan pelayanan, dan membantu penjualan anda dengan praktis. Serta menghemat sumber daya dan juga waktu.

Walaupun untuk saat ini, chatbot masih memiliki keterbatasan fitur, sehingga masih membutuhkan penanganan dari manusia pada situasi tertentu.

Pada marketing digital dan customer service (CS), chatbot akan memberikan cukup banyak manfaat untuk membantu pekerjaan anda menjadi lebih ringan. Fungsi Chatbot Bagi Bisnis antara lain :

  • Meningkatkan penjualan

Robot virtual ini sangat membantu dalam meningkatkan penjualan bisnis anda. Terlebih pada E-commerce yang telah terbukti memudahkan anda berbisnis, untuk menjangkau target pasar yang luas sehingga dapat mengembangkan bisnis.

Ditambah dengan peningkatan teknologi dan infrastruktur, chatbot kini sudah berkembang dan semakin pintar. Selain itu, chatbot saat ini mampu berperan sebagai penjual atau salesman yang mengenalkan produk atau jasa pada bisnis anda kepada para calon pelanggan, mencatat pesanan, mencarikan keinginan dari pelanggan, dan lainnya.

  • Menghemat Biaya Operasional

karena perannya yang sama seperti customer service pada umumnya. Namun yang membedakan hanya dilakukan secara sistematis, maka bisnis yang memiliki chatbot akan bisa menghemat biaya operasional karena dapat mengurangi untuk mempekerjakan customer service manusia. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk memasang chatbot pada website atau aplikasi bisnis yag sedang anda jalankan. Setelah itu, chatbot atau robot virtual ini akan beroperasi layaknya tenaga layanan pelanggan untuk memudahkan pelanggannya.

  • Menjadi Informan bagi Pelanggan

Selayaknya manusia yang bekerja sebagai customer service (CS), chatbot juga berperan sama, yaitu sebagai pusat informasi pelanggan saat ingin mencari informasi terkait produk atau jasa

Chatbot telah diprogram untuk bisa menjawab pertanyaan umum dari para pelanggan dengan tepat. Ini tentunya akan sangat membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang produk atau jasa yang diinginkan tanpa perlu mengantri lama untuk berbicara dengan customer service (CS) manusia. Bahkan, pelanggan tidak perlu datang langsung, karena bisa dilakukan melalui smartphone nya kapanpun dan dimanapun selama 24 jam non stop.

  • Menjadi Lead Generation bagi Pelanggan

Lead generation adalah sebuah upaya bisnis yang menghasilkan konversi dari tiap pengunjung media sosial, toko online, dan website bisnis. Chatbot yang digunakan di beberapa saluran digital ini berperan dalam mengumpulkan semua informasi penting dari pelanggan yang melakukan interaksi dengannya, seperti nama, nomor telepon, alamat email, usia, dan gender.

Bahkan, chatbot ini juga dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan produk yang diminati maupun yang tidak diminati. Dari sini, pengelola bisa mengetahui manakah pengunjung yang berpeluang menjadi pembeli dan yang tidaknya. Lalu, data tersebut bisa dimanfaatkan untuk strategi digital marketing yang sesuai untuk menarik pelanggan. Strategi tersebut bisa berupa menawarkan penawaran menarik seperti potongan harga, campaign yang di adakan, memberikan rekomendasi produk yang mungkin disukai pengunjung, atau bahkan mengirimkan newsletter.

  • Memberikan Pengalaman Baru bagi Pelanggan

Pelanggan yang biasanya selalu berinteraksi dengan customer service (CS) manusia tentu akan mendapatkan pengalaman baru. Ketika berbelanja menggunakan chatbot. Awalnya memerlukan banyak penyesuaian, tapi setelah itu pasti terbiasa dengan merasakan adanya kemudahan dalam berinteraksi dengan chatbot atau robot virtual ini.

  • Menghemat Waktu Pelanggan.

Terkadang, pelanggan membuang banyak waktu untuk bisa dilayani oleh customer service karena banyak juga pelanggan lainnya. Namun dengan adanya chatbot, pelanggan tidak perlu mengantri lagi ketika ingin bertanya seputar produk atau masalah lainnya.

Chatbot dapat melayani banyak pelanggan secara sekaligus, sehingga sangat menghemat waktu dan tentunya memberikan kepuasan bagi pelanggan. Hal ini jelas menjadi kelebihan di mata pelanggan untuk meneruskan transaksi atau tetap setia terhadap suatu bisnis.

Tunggu apalagi? Cepat pasang fitur chatbot di Eva.id untuk bisnis anda! Agar lebih memudahkan anda dalam berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *