Manfaat Chatbot Dalam Pelayanan Bisnis Online
Seiring kemajuan zaman terdapat perubahan strategi penyesuaian diri dari pelayanan bisnis yang tradisional menjadi pelayanan bisnis online. Revolusi di era digital teknologi sistem penjualan pun terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.
Karena menjalani komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah hal penting sebagai garda terdepan dalam bisnis terlebih bisnis online pada saat ini. Pengoptimalan komuniksi yang baik dalam bisnis online ialah dibantu oleh chatbot.
Chatbot suatu teknologi cs (customer service), membantu banyak keluhan dari banyaknya pelanggan dan meningkatkan kualitas bisnis.
Manfaat dari chatbot dalam pelayanan bisnis, ialah :
- Interaksi dengan Pelanggan
chatbot membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, menanggapi berbagai macam pertanyaan dan keluhan untuk mendapatkan solusi juga bekerja secara real –time (auto reply). Maka pelanggan akan merasa lebih terbantu dengan ketepatan dan kecepatan dalam melayani pelanggan, membuat pelanggan merasa sangat terbantu maka pelanggan akan memberikan feedback (umpan balik) yang baik dengan ini membuat hubungan pelanggan dan pembisnis pun menjadi baik. Tidak menutup kemungkinan akan meningkatnya penjualan.
Chatbot juga dapat mengirimkan pembaruan status atau detai penting kepada para pelanggan.
- Mengurangi Biaya Pengeluaran
Hal ini tidak perlu lagi membayar biaya pada pelayanan, ditambah lagi lembur ataupun shift akan mengeluarkan banyak sekali biaya
- Menyediakan layanan 24 jam
Memiliki waktu kerja yang berbeda dari pelayanan cs pada umumnya. Chatbot dapat melayani para pelanggan selama 24 jam penuh. Meningkatkan kepuasan kepada pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan.
- Jawaban Instan
Chatbot bukan hanya menaggapi satu pelanggan saja tapi juga dapat menanggapi ribuan pertanyaan dari para pelangaan secara bersamaan dengan jawaban yang cepat, tepat dan juga konsisten.
Ayo langsung cek website eva.id untuk lebih tahu manfaat chatbot dalam pelayanan bisnis online.