Dunia bisnis butuh kecepatan. Siapa cepat, dia menang. Siapa lelet, dia tertinggal. Nah, biar gak ketinggalan, chatbot bisa jadi senjata andalan.

 

Sudah banyak perusahaan yang membuktikan kehebatan chatbot. Adidas misalnya, mengaku untung banyak karena menggunakan chatbot. Brand besar asal Jerman ini menggandeng agensi pemasaran bernama Byte, dengan memakai chatbot berbasis Facebook Messenger.

 

Hasilnya luar biasa. Dalam waktu seminggu, 2.000 orang mendaftar setelah ngobrol asyik dengan chatbot. Bayangkan jika menggunakan tenaga manusia. Sudah barang tentu akan sangat sulit. Chatbot bisa membuat siapa saja ngobrol dengan Adidas kapan saja dan di mana saja.

Pengalaman serupa dialami HTC. Head of Marketing HTC Europe Ben Walsh mengungkap chatbot membuat perusahaannya melaju sangat cepat. Awalnya, HTC menggunakan ribuan customer service untuk mendongkrak penjualan. Dengan chatbot, HTC hanya butuh 30 petugas lapangan untuk melayani pelanggan.

“Chatbot membantu kami ngobrol dengan ribuan orang di Facebook 24 jam nonstop. Ini adalah cara cerdas untuk menarik pelanggan dengan skala luas tanpa mengandalkan tenaga manusia,” ungkap Ben Walsh.

Di dalam negeri, Telkomsel juga mendulang untung dari chatbot. Biasanya, butuh waktu empat menit untuk merespons pelanggan. Dengan chatbot, responsnya bisa dilakukan hanya dalam waktu tiga detik.

So, tunggu apa lagi? Saatnya kamu melaju bersama chatbot. Sudah bukan waktunya menjawab pertanyaan secara manual. Biarkan chatbot yang mengurus 👍😉