Messaging apps are the platforms of the future, and bots will be how their users access all sorts of services. (Aplikasi messaging adalah platform yang akan digunakan di masa depan dan bot akan menjadi cara penggunanya mengakses semua layanan yang ada)“.

Demikian prediksi Peter Rojas, seorang pengusaha di Betaworks. Rojas yakin chatbot akan mengambil hampir semua fungsi komunikasi manusia. Teknologi pintar ini bakal menjadi andalan di semua bidang.

Menurut Rojas, salah satu penyebab maraknya chatbot adalah semakin banyaknya pengguna internet. Di Asia Tenggara misalnya, jumlah pengguna internet telah lebih dari 300 juta. Sebanyak 50% di antaranya aktif melakukan komunikasi bisnis.

Chatbot memudahkan manusia melakukan komunikasi, termasuk bisnis. Dengan teknologi yang terus berkembang, chatbot akan mengambil lebih banyak peran manusia,” lanjut Rojas.

Apa yang dikatakan Rojas bukan tanpa alasan. Saat ini, aktivitas bisnis dengan browser, navigasi, dan pembayaran terasa sangat membosankan. Dengan chatbot, semua bisa dilakukan dengan hanya memberi instruksi singkat.