Mayoritas orang Indonesia suka banget ngobrol dan shopping. Fakta ini membuat pasar chatbot sangat bergairah. Apalagi, pulsa internet terbilang cukup murah. WNI merasa nyaman berlama-lama ngrumpi bareng chatbot.

Sekadar informasi, pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 132 juta jiwa. Ini mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar dunia.

Sementara pengguna Facebook di Tanah Air mencapai 115 juta user. Tak hanya itu, Facebooker Indonesia menduduki posisi ketiga paling aktif di dunia.

Dalam hal pengguna ponsel, Indonesia berada di peringkat keempat dunia dengan 100 juta ponsel aktif. Indonesia hanya kalah dari Tiongkok, India dan Amerika.

Urusan belanja online, ada sekitar 25 juta WNI yang aktif belanja melalui internet. Sedangkan total nilai pasar e-commerce mencapai 5,6 miliar dolar AS dengan rata-rata pembelian perorang mencapai 228 dolar AS per tahun.

Data ini tak bisa dibantah lagi akan jadi surga bagi pengembang chatbot di Indonesia. Tantangannya adalah bagaimana menyajikan chatbot sesuai selera Nusantara.