Tahu tidak, setiap hari Alibaba meraup penjualan sampai USD 25,4 miliar atau Rp 342,9 triliun? Tahu tidak, setiap hari terjadi 325.000 pesanan per detik di Alibaba?

Bisa dibayangkan betapa sibuknya. Manusia tidak akan sanggup mengerjakannya. Biar robot saja yang menanganinya.

Yup, robot itu tak lain dan tak bukan adalah chatbot. Dialah yang meng-handle semua transaksi 24 jam nonstop. Mulai dari menjawab pelanggan, mencari produk, memesan, membayar, dan mengurus logistik.

Alibaba mengembangkan chatbot sendiri dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan cloud computing. Teknologi ini yang memudahkan urusan bisnis dari hulu ke hilir. Sepanjang peran manusia bisa dipangkas, Alibaba menyerahkannya pada mesin.

“Chatbot menghasilkan efisiensi pengoperasian yang lebih tinggi dan di saat bersamaan juga mengurangi biaya TI yang sangat signifikan,” ungkap Jeff Zhang, Alibaba Group’s Chief Technology Officer.

-Jeff Zhang-

Zhang memyebut 95% pertanyaan yang masuk ke layanan pelanggan ditangani virtual customer service chatbot. Peran manusia hanya dibutuhkan untuk hal yang belum bisa dilakukan mesin. Tapi, seiring berkembangnya AI dan cloud computing, peran manusia akan terus dikurangi.